Pendaftaran Lomba Inovasi Pembelajaran 2018 Diperpanjang

oleh -276 Dilihat

MATARAM, SR (31/08/2018)

Masa pendaftaran Lomba Inovasi Pembelajaran bagi guru-guru jenjang sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Tahun 2018, diperpanjang. Semula direncanakan pendaftaran ditutup pada Jumat (31 Agustus) hari ini, namun diperpanjang hingga 23 September 2018 mendatang. Hal ini memberikan kesempatan kepada guru Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk menjadi peserta dengan mengirim ide-ide inovatifnya. Lomba ini digelar oleh Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), program kemitraan pemerintah Indonesia dan Australia di bidang peningkatan mutu pendidikan.

Tahun lalu pernah digelar lomba yang sama. Sebanyak 68 praktik BAIK turut serta mengikuti lomba tersebut dengan guru dari Lombok Barat dan Sumbawa Barat yang berhasil menjadi pemenang. Lombok Barat untuk kategori literasi, sedangkan Sumbawa Barat untuk kategori numerasi. Lomba ini khusus diperuntukkan bagi para guru-guru di NTB untuk mengikutsertakan berbagai inovasi-inovasi (praktik baik) pembelajaran yang telah diterapkan di kelas atau sekolah dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswanya, termasuk juga dalam hal pendidikan inklusi. Tidak hanya terbatas pada inovasi media pembelajaran yang guru ciptakan, ide yang diikutsertakan dapat juga berupa praktik pengelolaan kelas, strategi pembelajaran, upaya meningkatkan minat baca siswa, atau metode penilaian.

Baca Juga  Buang Orok Bayi, Seorang Ibu Muda Tertangkap

Beberapa contoh termasuk bagaimana guru berinovasi dengan meningkatkan keterlibatan orang tua dalam meningkatkan mutu pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK); bagaimana guru merespon perilaku negatif anak didik dengan pendekatan disiplin ramah anak; ataupun tantangan pembelajaran lainnya.

Kriteria praktik BAIK yang diikutsertakan pada lomba adalah praktik-praktik baik yang sederhana, namun efektif dan kontekstual atau sesuai dengan konteks di daerahnya. Para peserta lomba dapat mengirimkan ide-ide praktik baik atau inovasi pembelajaran yang telah mereka implementasikan dalam bentuk tertulis dan/atau video melalui tautan di website INOVASI yaitu http://www.inovasi.or.id/id/lomba-inovasi-pembelajaran-ntb/ ataupun dapat dikirimkan langsung ke kantor INOVASI di NTB yaitu di Mataram dan Bima. Bentuk tertulis harus dilengkapi dengan foto, gambar, dan sketsa pendukung.

Lomba ini diselenggarakan INOVASI bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di NTB seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB – dengan salah satu program unggulannya, Kampung Media. Nantinya, setelah melalui proses seleksi dan penilaian oleh panel juri, pemenang lomba akan memperoleh penghargaan seperti sertifikat maupun paket pelatihan.

Baca Juga  TK Nusantara Pamunga Plampang Siap Sambut Kunker Bunda PAUD NTB

Sebagai kesempatan bagi para guru se-NTB menunjukkan ide pembelajaran inovatif yang telah mereka terapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD/MI di kelas – baik dalam hal literasi (membaca), numerasi (berhitung), ataupun dalam hal pendidikan inklusi, lomba ini akan berlangsung mulai bulan Mei 2018 dan pendaftaran akan ditutup pada 31 Agustus 2018. Pengumuman dan penganugerahan pemenang akan berlangsung pada bulan November 2018 sekaligus dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang diperingati pada bulan November tiap tahunnya di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Tim Komunikasi INOVASI Provinsi NTB, atau kunjungi website, facebook, dan Youtube INOVASI melalui: www.inovasi.or.id, facebook Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia, dan youtube INOVASI Pendidikan. (JEN/SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *