HMI Cabang Sumbawa Gelar LKK Nasional

oleh -93 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (09/05/2016)

HMI Cabang Sumbawa melalui Korps HMIWati (KOHATI) menyelenggarakan Latihan Khusus Kohati (LKK) tingkat Nasional di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan bertemakan “Islamic Character Building Upaya Mewujudkan Muslimah Berkualitas Insan Cita” yang dipusatkan di eks Pengadilan Negeri Kabupaten Sumbawa tersebut berlangsung dari tanggal 8-15 Mei 2016. Para peserta berasal utusan HMI Cabang Makassar, KSB, Bima, Dompu, Lombok Timur dan tuan rumah Sumbawa. Tujuan dari kegiatan ini adalah membina karakter kader HMI-Wati dalam mewujudkan muslimah berkualitas insan cita, membina kader HMI-Wati yang berintelektual, idealis, berkarakter, profesional, dan menguasai IPTEK serta meningkatkan peran dan fungsi KOHATI agar menjadi muslimah bermartabat. Sementara target dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan karakter peserta latihan khusus KOHATI (LKK) agar mampu mewujudkan 5 kualitas insan cita HMI sebagaimana tujuan dari kegiatan ini. Dalam kegiatan pembukaan yang berlangsung kemarin pagi di Wisma Daerah, Ketua Umum Kohati HMI Cabang Sumbawa, Rosdiana mengatakan bahwa tema kegiatan ini sejalan dengan Hadits Rasulluhlah SAW, ”perempuan itu tiang negara, apabila baik ahlaq perempuannya maka akan baik pula kondisi negaranya, dan apabila perempuannya rusak (amoral) maka rusaklah negaranya”. Ini menjadi bagian terpenting dari roda kehidupan adalah peran dan fungsi kaum perempuan. Di setiap dimensi hidup, tidak ada ruang kosong bagi perempuan untuk berkiprah di dalamnya. Sebagai laboaratorium hidup (pencetak generasi yang unggul), maka harus ada seorang perempuan yang unggul pula. Bahkan di balik kehebatan seorang laki-laki berdiri kokoh seorang perempuan yang berposisi sebagai ibu, istri dan putri dan anggota warga masyarakat yang baik. Hal tersebut terlihat ideal jika kaum perempuan mampu merealisasikannya dalam kehidupan nyata. Karenanya perlu pembentukan suatu karakter yang sadar akan perubahan, karena dampak diskriminasi ini telah memperlihatkan tanda-tanda awal seperti munculnya krisis kepercayaan diri (self-confidence) dan rasa hormat diri (self-esteem) sebagai perempuan. Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin berperan sebagai landasan pembentukan karakter. Kegiatan ini juga merupakan program kerja Pengurus KOHATI HMI Cabang Sumbawa Periode 2015–2016.

Baca Juga  Sambut Anak Berkebutuhan Khusus TKIT Al-Fath, Bupati Berikan Bingkisan

LLK HMILLK HMI 1Pada saat yang sama, Erma Suryani selaku Ketua Panitia menyatakan bahwa KOHATI memiliki fungsi untuk membina kader HMI–wati sesungguhnya bertujuan mulia dengan memicu pengembangan potensi kader menjadi muslimah berkualitas insan cita. Kader HMI–wati disadari memerlukan wadah untuk pengembangan dirinya menambah pengetahuan dan menyalurkan potensinya, sehingga HMI-Wati kelak dapat memainkan perannya sebagai puteri bagi orang tuanya, isteri bagi suaminya, ibu bagi anaknya kelak, dan anggota masyarakat.

Sementara itu, Kamaluddin ST.,M.Si selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa yang juga alumni HMI Cabang Malang (Brawijaya) menyatakan bahwa suksesnya suatu daerah tidak lepas dari peran perempuan-perempuan hebat. “Kita bisa melihat bagaimana Kota Bandung saat ini begitu maju, PAD nya menembus angka belasan triliyun, hal ini tidak lepas dari peran perempuan dalam menggerakkan sector-sektor penting dalam kepemrintahannya,” ucapnya seraya berharap Kohati atau perempuan-perempuan Sumbawa mampu menjadi bagian dalam memajukan daerah ini.

Baca Juga  Mitigasi Food Loss and Waste (FLW) dengan Model Rantai Pasok Cerdas Berkelanjutan

Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd selaku Stadium General kegiatan tersebut menyampaikan secara global dari tema kegiatan ini. Salah satunya menekankan betapa pentingnya semua pihak terutama pemuda menjaga moral. Sebab di tengah kemajuan jaman, moral sudah tidak dianggap penting, sehingga karakter Islam semakin hari kian jauh. Generasi HMI harus bisa menjadi garda terdepan dalam membentuk karakter-karakter Islam kepada generasi lainnya, agar bangsa ini selamat dan mampu bersaing di tengah-tengah dinamika pelik dunia saat ini. (JEN/SR)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *