KPU Sumbawa Mulai Drop Logistik Pilkada

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (06/12/2015)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa mulai mendistribusikan semua logistik Pilkada ke sejumlah kecamatan, sejak Sabtu (5/12) kemarin. Dipastikan semua logistic tersebut sudah tuntas dan sampai di tempat tujuan pada H-1 (sehari sebelum) Pilkada berlangsung, 9 Desember 2015. Logistik ini berupa surat suara, kotak suara, bilik suara dan logistik lainnya.

Ketua Divisi Organisasi, Perencanaan Keuangan dan Logistik KPU Sumbawa, Nur Kholis mengatakan, pendistribusian logistik di hari pertama ini diutamakan ke wilayah yang sulit terjangkau. Yaitu Kecamatan Batu Lanteh, Ropang, Lantung, Orong Telu, Lenangguar, Empang dan Tarano, serta satu lokasi TPS terpencil di Kuang Jeringo, Kecamatan Lenangguar. Pendistribusian dilanjutkan Minggu (6/12) ke Kecamatan Plampang, Labangka, Moyo Hulu, Lunyuk, Alas, Alas Barat, Rhee, Buer dan Labuhan Badas. Senin (7/12) besok, rencananya ke kecamatan terdekat seperti Kecamatan Utan, Lape, Maronge, Lopok, Unter Iwes, Moyo Hilir dan Moyo Utara. Sementara H-1 pendistribusian akan dilakukan di Kecamatan Sumbawa.

Sejauh ini pendistribusian berjalan lancar. KPU masih belum membutuhkan kendaraan atau peralatan khusus untuk menjangkau daerah terpencil mengingat belum memasuki musim hujan. Dalam pendistribusian logistic, pihaknya mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Logistik tersebut didistribusikan ke kantor kecamatan, yang kemudian petugas PPK akan mendistribusikannya ke masing-masing TPS. Diharapkan, pendistribusiannya tepat sasaran, tepat waktu dan tidak terkendala transportasi.

Baca Juga  Usai Diperiksa, Kades Pamanto Dijebloskan ke Penjara

Sementara Kapolres Sumbawa melalui Kabag Ops AKP Syafruddin mengakui pendistribusian logistik mendapat pengawalan polisi. Setiap mobil logistik dikawal oleh dua orang personel bersenjata lengkap. ‘’Keselamatan agar pemilukada berjalan aman dan tidak ada kendala, ini tujuannya. Kita harus mendukung penuh,” terang Syafruddin.

Sejauh ini, pihaknya belum mendapat informasi terkait potensi ancaman keamanan. Meski dalam kondisi aman, pihaknya tetap waspada dan segala hal yang berpotensi terjadinya kerawanan keamanan harus cepat diantisipasi. “Kami mendukung penuh proses Pilkada berjalan aman dan lancar,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD