Isi Liburan, Anak-anak Binaan Bhabinkamtibmas Boak “Toto Rantok”

oleh -70 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (4/8/2020)

Pandemi covid melumpuhkan berbagai sektor kehidupan. Salah satunya pendidikan karena hampir semua sekolah diliburkan dan proses pembelajaran dialihkan ke BDR (Belajar Dari Rumah). Namun demikian keceriaan anak-anak tak pernah hilang. Anak-anak menyiasati waktu ‘liburnya’ dengan berbagai kegiatan, di antaranya melestarikan salah satu tradisi kesenian daerah Sumbawa.

Seperti yang dilakukan anak-anak binaan Bhabinkamtibmas Desa Boak Kecamatan Unter Iwis, Bripka Herwin Rahadi. Anak-anak setempat memainkan alat kesenian daerah yakni “Toto Rantok”. Kesenian Toto Rantok merupakan tradisi kesenian daerah Sumbawa yang biasa dimainkan saat ada sebuah acara besar atau event dan biasanya dimainkan sebagai penyambutan tamu dalam masyarakat sumbawa.

Baca Juga  Resmi Milik Warga, BPN Pasang Pal di Tanjung Menangis

Dalam kesempatan tersebut Bripka Herwin sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan anak-anak desa binaannya. “Selain bisa mengisi waktu libur, ini juga sebagai cara untuk melestarikan salah satu tradisi kesenian daerah Sumbawa,” kata Bripka Herwin saat menyambangi anak-anak desa binaannya sekaligus memberikan pengawasan dan semangat belajar.

Saat ini diakui Herwinm sudah jarang melihat generasi muda yang bergelut dengan kesenian daerah akibat perkembangan zaman yang melaju pesat sehingga merubah pola pikirnya. “Ini harus kita dukung dan kita berikan semangat, karena mereka inilah yang akan menjadi penerus kita dalam melestarikan tradisi dan kesenian daerah,” ujarnya

Dalam kesempatan itu Bhabinkamtibmas yang kerap menyambangi warganya ini terus mengingatkan warga untuk tetap menerapkan protocol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid. (SR)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *