Bedah Masalah Desa, IISBUD dan DPMD Sumbawa Gelar Kuliah Umum  

oleh -99 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (8/10/2020)

Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan Institute Ilmu Sosial Budaya (IISBUD) Samawa Rea (Sarea) menggelar kuliah umum bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa. Kegiatan itu dihadiri Kadis DPMD, Varian Bintoro, S.Sos M.Si dan Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan IISBUD Sarea, Dedi Supriadi, M.Si. Acara yang digelar di Kampus setempat, Kamis (8/10/2020) ini membahas mengenai kasus-kasus yang banyak ditemui di desa-desa. Mahasiswa sangat antusias membahas dan mencari solusi dari permasalahan yang mereka angkat dari desa masing-masing.

Kaprodi Ilmu Pemerintahan IISBUD Sarea, Dedi Supriadi M.Si mengatakan, kuliah umum ini bertujuan untuk membekali mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat. Nantinya mahasiswa akan menjumpai beberapa teori yang memang berbeda ketika di lapangan. Namun demikian bukan berarti tidak bisa memberikan solusi yang menguntungkan masyarakat. “Konsep pemberdayaan yang harus diawali dengan kesadaran masyarakat ini bisa menjadi langkah awal ketika kita ingin memajukan suatu wilayah terutama desa,” katanya.

Baca Juga  Pengadaan Tanah 7 Tahun Silam, Tapi SDN 2 Pernang Belum Dibangun

Dalam kuliah umum tersebut, pembicara menekankan bahwa pengabdian tidak selalu menunggu saat sudah memperoleh gelar akademik. Justru pengabdian terbaik bisa dimulai dari sekarang ini saat masih berstatus mahasiswa. Karenanya lakukan pengabdian sebanyak-banyaknya. Hal tersebut juga bertujuan agar nanti mahasiswa tidak hanya terfokus pada teori namun juga memiliki wawasan tentang apa yang terjadi di lapangan. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *