Siswa SDIT Samawa Cendekia Panen Jagung

oleh -116 Dilihat

Sumbawa Besar, SR (18/04)

Sukacita, itulah rasa yang dialami para siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Samawa Cendekia. Dengan riang mereka melakukan kegiatan panen perdana jagung dan sayur-sayuran seperti kacang panjang, lebui, cabai dan pare, yang ditanam beberapa bulan lalu.

Kepala SDIT Samawa Cendekia, Sambirang Ahmadi S.Ag M.Si yang ditemui kemarin mengatakan, sekolahnya menganut pembelajaran langsung. Selain pembelanjaran secara teori juga praktek, yang dimaksudkan agar mendekatkan pemahaman siswa terhadap realitas.

Jagung dan sayuran yang dipanen tersebut ditanam oleh siswa beberapa bulan yang lalu, yang bibitnya berasal dari siswa sendiri. “Ini merupakan pembelajaran untuk mencapai kompetensi pembelajaran, yaitu  menanam-merawat tanaman dan senang bekerja,” katanya.

Tahapan berkebun ini ungkap Sambirang, dimulai dari memagar, menyemprot rumput, membajak, menanam, merawat dan hari ini sudah memanen. Kegiatan ini adalah salah satu di antara sarana belajar anak-anak SDIT. Di antara kegiatan yang sudah dilaksanakan, adalah pembelajaran di pantai baru, praktek rutin berenang di Kencana, dan ke depan ada juga pembelajaran yang dilakukan ke beberapa tempat, yaitu perkantoran/instansi, rumah siswa, rumah ibadah, pariwisata, dan mengunjungi kantor redaksi media massa di daerah ini. (*)