RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat Dorong Perawat Tingkatkan Kapasitas Pendidikan

oleh -258 Dilihat

Sumbawa Barat, Samawarea.com ( 1/4/2024)

Upaya pemberian pelayanan kesehatan terbaik terus menggeliat di RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat dengan menggalakkan peningkatan kapasitas pendidikan bagi para tenaga kesehatan, khususnya perawat. Langkah ini diambil menyusul penandatanganan perjanjian kerjasama antara RSUD Asy-Syifa’ dan Fakultas Kesehatan Universitas Sumbawa (UNSA) pada akhir tahun 2023.

Perjanjian kerjasama ini menjadi kelanjutan dari Memorandum of Understanding (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dan Universitas Sumbawa tentang Tri Dhama Perguruan Tinggi. Diharapkan, kerjasama ini mampu membangun sumber daya manusia yang profesional, kompeten, dan berintegritas, khususnya dalam bidang kesehatan.

Direktur RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat, dr. Carlof belum lama ini, menjelaskan bahwa kerjasama ini melibatkan beberapa fakultas kesehatan dari berbagai universitas di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mendorong para tenaga kesehatan di RSUD Asy-Syifa’ agar meningkatkan pendidikan mereka hingga tingkat S-1 dan meningkatkan profesionalisme mereka.

“Setelah lebaran, para perawat di RSUD akan memulai pendidikan profesi perawat di Fakultas Kesehatan Universitas Sumbawa, dan kemudian mereka dapat melakukan praktik di RSUD Asy-Syifa’,” katanya.

Peningkatan pendidikan perawat di RSUD ini dianggap penting sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 26 tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang No. 38 tahun 2014 Tentang Keperawatan, serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Jabatan Fungsional.

“Dengan meningkatnya kualitas SDM kesehatan, diharapkan akan berdampak positif pada pelayanan kesehatan masyarakat,” tambah dr. Carlof. Langkah ini menandai komitmen RSUD Asy-Syifa’ dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.