Mangan Barema di Tatede, Tradisi Melestarikan Budaya Lokal

oleh -295 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (15 Agustus 2023) – Iring-iringan Junjung Pasaji mengawali acara Mangan Barema di Desa Tatede Kecamatan Lopok, Kabupaten Sumbawa, Selasa (15/8) pagi. Tradisi tahunan yang dipusatkan di Dusun Tatede B ini, diikuti masyarakat dari sejumlah dusun.

Terlihat ibu-ibu, para gadis dan pemuda setempat beriringan menjunjung makanan. Makanan berbagai jenis yang ditempatkan di dalam dulang ini dibawa ke halaman masjid yang berada di lokasi pusat kegiatan. Selanjutnya makanan itu disantap bersama oleh semua yang hadir.

Tampak Bupati Sumbawa, Ketua DPRD sumbawa bersama anggota, Asisten 1 Sekda Sumbawa, sejumlah kepala OPD, Camat Lopok, Kapolsek dan Danrami. Selain itu para kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh budaya.

Kades Tatede, Subadri melaporkan bahwa Mangan Barema ini dalam rangka memperkuat silaturahmi dan melestarikan budaya lokal. Tradisi ini dilaksanakan setiap tahun. Namun dalam beberapa tahun belakangan sempat terhenti karena covid.

“Alhamdulillaah pada tahun ini baru bisa laksanakan kembali,” ucapnya, seraya menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat sehingga kegiatan ini berlangsung sukses.

Sementara Camat Lopok, Drs. Kamaruddin merasa bangga karena para pejabat daerah dapat hadir di acara tersebut.

Menurutnya, Desa Tatede Ini adalah desa budaya yang rutin melaksanakan tradisi ini. Tentunya ini pekerjaan yang tidak mudah. Namun berkat kebersamaan yang terbangun, semuanya menjadi mudah. (SR)