Gelar Panggung Gembira, Bupati Salut Komitmen Ponpes Al-Ikhlas Majukan Dunia Pendidikan

oleh -413 Dilihat

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS KOMINFO KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (13 Agustus 2023) – Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. HW. Musyafirin., MM menghadiri acara Panggung Gembira 640 Pondok Pesantren Al-Ikhlas, Sabtu (12/8/23) malam. Kegiatan tersebut melibatkan ratusan santri dan santriah Al-Ikhlas Taliwang International Islamic Boarding School.

Pimpinan Harian Ponpes Al-Ikhlas Taliwang Ustadz Dr. Lalu Mujahid Imaduddin, SH.I., M.Ag menyampaikan, Panggung Gembira 640 (PG) Al-Ikhlas Taliwang kali ini mengangkat tema “Dengan ilmu, Iman dan Amal Wujudkan Generasi ‘Izzah Berjuang di Jalan Allah”.

Di samping sebagai sarana yang diberikan pondok kepada para santri untuk mengeksplor minat dan bakat mereka, ungkapnya, Panggung Gembira juga membawa misi dakwah kepada masyarakat luas yang dikemas dalam paket lengkap penampilan yang mendidik, menghibur, elegan dan nyaman dinikmati.

Dijelaskan bahwa Al-Ikhlas sebelumnya sukses menyelenggarakan Drama Arena, belum lama ini. Kini dilanjutkan dengan pagelaran seni Panggung Gembira 640 sebagai acara puncak dari pekan perkenalan Khutbatul ‘Arsy 2023.

Perbedaannya, jika Drama Arena merupakan ajang pendidikan dan pelatihan untuk santri/ah kelas 5 KMI setara dengan kelas 2 SMA, Panggung Gembira merupakan kegiatan yang dipanitiai oleh Santri/ah Akhir KMI.

Dengan kesibukan dan rutinitas mereka sebagai santri/ah, serta sebagai pengurus organisasi santri (OSPI), mereka dituntut untuk bisa membagi waktu dalam mempersiapkan pagelaran yang spektakuler, inovatif, profesional, dan mendidik.

Dimulai dari pendanaan dan pencariannya, pembuatan background, dekorasi panggung, editing vidio audio, konsep acara dan lainnya, semua ditangani sendiri. “Inilah pola pendidikan yang disebut dengan learning by doing. Semoga Panggung Gembira ini diberkahi dan diridhoi Allah. Aamiin,” ucapnya.

Pimpinan Ponpes Al-Ikhlas Dr. KH. Lalu Zulkifli Muhadli, BA., SH., MM dalam sambutannya menyampaikan jika Ponpes Al-Ikhlas terus berbenah. Di antaranya dengan kehadiran guru-guru dan kader Al-Ikhlas untuk mengabdi di Pondok. Ada guru Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan beberapa guru lainnya tamatan luar negeri yang akan mengisi pendidikan informatika sesuai dengan tantangan jaman.

“Kita memadukan pendidikan agama dan tekhnologi digital untuk menambah wawasan, kemudian kemampuan berbahasa arab dan inggris anak-anak ini kedepan semakin berkwalitas dengan adanya tenaga pengajar baru, perpaduan ilmu inilah yang akan menjadi bekal bagi anak-anak kedepan setelah tamat dari Pondok dan terjun ke tengah masyarakat,” pungkasnya.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H.W Musyafirin, MM menyampaikan rasa kagum dan bangga atas penampilan dan pertunjukan yang digelar santri dan santriah Ponpes Al-Ikhlas. Menurutnya Sumbawa Barat memiliki lembaga pendidikan yang maju dengan hadirnya Ponpes Al-Ikhlas Taliwang dengan lembaga pendidikan berjenjangnya mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi.

Dikatakan Bupati kemajuan suata lembaga pendidikan dapat dilihat dari kegiatan ekstrakurikulernya, Ponpes Al-Ikhlas pada malam hari ini menggelar pertunjukkan seperti ini semakin maju dan luar biasa.

“Ini menunjukkan kwalitas pendidikan yang maju, kita di KSB patut bangga punya Ponpes Al-Ikhlas, wali murid mesti senang menyekolahkan anak-anaknya di Ponpes Al-Ikhlas ini, sejak lama saya pantau Pondok ini dan dengan lembaga pendidikan tinggi satu-satunya di KSB makin maju, ini patut kita dukung bersama siapa lagi kalau bukan kita,” ujar Bupati dalam sambutannya.

Dikatakan Bupati, Pimpinan Ponpes Al-Ikhlas Buya Dr KH. Lalu Zulkifli Muhadli dikenal konsisten dalam memajukan dunia pendidikan di Sumbawa Barat. Terbukti dengan semakin berkwalitasnya Ponpes Al-Ikhlas dengan menghadirkan guru-guru yang semakin kompeten baik tamatan dalam dan luar negeri.

“Kita sangat pahami semangat Buya dalam memajukan dunia pendidikan di KSB luar biasa, istilah yang sering diungkapkan memindahkan emas yang ada di perut bumi KSB ke otak generasi muda KSB patutlah kita dukung bersama dan beliau sangat konsisten dalam hal ini,” demikian Bupati. (HEN/SR)