Tingkatkan Kapasitas, Pimpinan dan Anggota DPRD Sumbawa Bimtek di Jakarta  

oleh -52 Dilihat

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

JAKARTA, samawarea.com (28 Januari 2023)–Kapasitas dan wawasan Pimpinan dan Anggota DPRD Sumbawa terus ditingkatkan. Salah satunya melalui Bimbingan Teknis (Bimtek). Karenanya wakil rakyat tersebut bertolak ke Jakarta untuk mengikuti Bimtek di Hotel Yuan Garden Pasar Baru selama 4 harim 24—27 Januari 2023.

Bimtek ini bertema “Optimalisasi Tugas dan Fungsi DPRD Terhadap Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah.

“Kami mengapresiasi karena sudah yang kesekian kalinya kami menjadi mitra DPRD Kabupaten Sumbawa. Semoga kegiatan Bimtek ini memberikan manfaat dan meningkatkan kapasitas bapak ibu pimpinan dan anggota DPRD dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai upaya menyeimbangkan pemerintahan di Kabupaten Sumbawa,” sambut Rektor Universitas Budi Luhur selaku pelaksana melalui Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Krisna Adiyarta M.Sc.

Baca Juga  Nilai Ekspor NTB Meningkat Tajam

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq SH saat membuka kegiatan. Dikatakan, Bimtek di awal tahun 2023 ini akan menambah wawasan dan pengetahuan jajarannya karena regulasi setiap tahun ada yang berubah.

Ia berharap Bimtek ini tidak hanya membahas masalah penguatan tupoksi DPRD dan pertanggung jawaban APBD, namun juga hal lain yang relevan dengan undang undang dan isu terkini.

“Sesungguhnya lelah kita dalam belajar adalah suatu proses yang memiliki nilai ibadah, jika kita menyelaminya dengan niat yang baik, bisa mengubah lelah itu menjadi lillah, berkah,  terarah dan bermaslahat,” ujarnya.

DPRD ungkap Rafiq, adalah lembaga yang sangat strategis dan pilar penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Keberadaannya dapat menjadi penyeimbang eksekutif. Karenanya materi yang diperoleh dari Bimtek ini merupakan kebutuhan yang sangat mendesak dan penting untuk didalami.

Baca Juga  Rebut Nominasi Terbaik, Bupati Sumbawa Presentasikan Pengembangan Pendidikan Islam

Mulai dari hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD sebagaimana Peraturan Pemerintahan No. 1 Tahun 2023, pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBD, hingga tindak lanjut LHP BPK.

“Wawasan ini semakin memperkuat kebijakan kita dalam mengambil keputusan sehingga peran utama DPRD sebagai penganggaran, pengawasan dan evaluasi pembangunan daerah dapat dilaksanakan dengan baik,” tandasnya. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *