Lantik 495 Anggota PPS, Wildan: Jangan Lagi Selfi dengan Caleg !

oleh -59 Dilihat
Sebanyak 495 anggota PPS se-Kabupaten Sumbawa resmi dilantik.

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (24 Januari 2023) – Sebanyak 495 Anggota Pantia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Sumbawa resmi dilantik dan diambil sumpahnya, Selasa (24 Januari 2023).

Pelantikan oleh Ketua KPU Sumbawa ini berlangsung di Hotel Parahiyangan. Dalam pelantikan tersebut anggota PPS dari 157 desa dan 8 kelurahan ini membacakan Pakta Integritas yang berisi 12 poin, dalam rangka menyukseskan Pemilu serentak 2024.

Hadir menyaksikan Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, Kajari Dr. Adung Sutranggono, dan anggota Forkopimda lainnya, Sekretaris KPU Lahmudin SE, Anggota KPU, Muhammad Ali S.IP, Nurul Khairani S.IP, Aryati S.Pd.I, dan Muhammad Kaniti S.Pd, serta para camat dan kades.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, M. Wildan, S.Pd., M.Pd mengatakan, pengambilan sumpah tersebut adalah acara sakral dan yang dilantik adalah orang orang pilihan yang telah mengikuti proses yang obyektif. Setelah dilantik, para PPS ini langsung melaksanakan tugas membantu KPU melakukan verifikasi terkait pendaftaran calon perseorangan DPD RI.

Untuk diketahui, Pemilu 2024 dilaksanakan secara serentak. Pemilihan Presiden, anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota dilaksanakan pada 14 Februari 2024, sedangkan pemilihan Gubernur dan Bupati/Walikota, digelar 27 November.

Baca Juga  DPRD KSB Dorong Pemda Tambah Bangunan RSUD Asy-Syifa

Dengan dua agenda besar yang dilaksanakan dalam tahun yang sama, tentu menyita waktu, tenaga dan lainnya, serta melibatkan SDM yang mumpuni.

Karena itu dibutuhkan dukungan dari semua pihak terutama pemerintah dan pemerintah daerah hingga di tingkat desa. Sebagaimana UU Pemilu No. 7 Tahun 2017 pasal 34 terkait tugas dan wewenang bahwa pemerintah dan pemerintah desa wajib membantu dan menfasilitasi dengan menyiapkan SDM dan secretariat PPK maupun PPS.

Dalam kesempatan itu, Wildan juga mengingatkan bahwa janji dan sumpah PPS tidak hanya sebatas lisan namun dijadikan tameng dalam bekerja.

“Jangan sampai ‘masuk angin’ sehingga berbuat curang. Bekerjalah dengan penuh integritas dengan berlaku jujur dan adil, serta professional dengan memahami dan melaksanakan regulasi atau aturan yang ditetapkan, sehingga apa yang menjadi produk PPS nantinya dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Baca Juga  Bocah SD Hamil, Pelakunya Diduga Lebih dari Satu Orang

Selain itu lanjut Wildan, PPS diharapkan dalam melaksanakan tugasnya dapat menjaga hubungan dengan leading sektor terkait, dan selalu menjaga etika.

“Ketika sudah menjadi petugas PPS jangan lagi selfi dengan Caleg. Hati-hati kalau berfoto. Jaga netralitas, tingkatkan kapasitas dan ibadah,” pungkasnya.

Sementara Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan selamat kepada PPS yang baru dilantik. Menurut Bupati, Pakta Integritas yang dibaca dan diucapkan tadi merupakan tanggung jawab bukan hanya pada diri sendiri tapi juga kepada Allah SWT.

“Bekerjalah dengan ikhlas, tetap berpedoman pada aturan, maka insya Allah tugas kita akan lancar,” kata Bupati.

PPS ungkap Bupati, merupakan orang orang pilihan, memiliki peran penting dan strategis sebagai ujung tombak dalam menyukseskan pemilu. Menjadi anggota PPS, ujar Bupati, bukan sesuatu yang mudah tapi melalui proses yang obyektif dan sesuai aturan hukum.

“Jadilah wasit pemilu yang baik, jaga netralitas dan integritas sehingga pemilu berjalan dengan baik,” pungkasnya. (SR)

 

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *