Discukcapil Sumbawa Terapkan “SILAMO”, Pelayanan Adminduk Kini Bisa di Kecamatan dan Desa

oleh
Kadis Dukcapil Sumbawa Jaya Kusuma S.Sos

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (2 Desember 2022)–Pelayanan cepat dan mudah terus dilakukan jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa. Salah satunya dengan menerapkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) secara online di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Plampang, Kecamatan Empang dan Kecamatan Tarano.

Kadis Dukcapil Kabupaten Sumbawa, Jaya Kusuma, S.Sos di ruang kerjanya, Kamis (1/12), menyebutkan bahwa pelayanan dimaksud dilakukan melalui Aplikasi Sistem Layanan Adminduk melalui Online atau yang disingkat dengan “SILAMO”. System ini baru bisa melayani pengurusan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan Akta Kematian. Sedangkan untuk KTP hanya pendataan yang cetaknya dilakukan di Kantor Dukcapil.

Hanura

Selain Kantor Kecamatan yang menjadi pusat pelayanan online ini, Jaya Kusuma juga menyebutkan pelayanan online tersebut sudah bisa dilakukan di tin gkat kelurahan dan desa. Seperti Kelurahan Pekat, Desa Teluk Santong, Desa Brang Kolong, Desa Jorok Kecamatan Unter Iwis, Desa Batu Tering dan Desa Luk.

Baca Juga  Global Geopark Rinjani dan Manfaatnya Bagi Masyarakat

“Dengan adanya layanan di kantor camat dan desa ini, semakin mempermudah dan mendekatkan  pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Ia berharap semua kecamatan dan desa di Kabupaten Sumbawa bisa menerapkan pelayanan yang sama, sehingga masyarakat bisa berhemat baik waktu, tenaga dan biaya arena tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil Sumbawa.

Sementara Camat Plampang, Syaihuddin, SP menyampaikan terimakasih dengan diterapkannya aplikasi SILAMO yang dapat diakses dari kantor kecamatan dan desa. Hal ini sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat. “Kami terus mensosialisasikan pelayanan ini ke desa-desa agar dapat dimanfaatkan masyarakat,” demikian Camat. (BUR/SR)

Dikes PTSJR Nasdem Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *