Bedah Masalah Tanah, BPN KSB Inisiasi Coffe Morning Undang Wartawan

oleh

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (30 November 2022)–Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus menjalin hubungan kemitraan dengan jajaran pers di wilayah kerjanya. Salah satunya adalah menggelar Coffe Morning dengan wartawan, pemerintah daerah, dan Kejaksaan Sumbawa Barat.

Coffe Morning sekaligus diskusi ini mengangkat tema “Pencegahan Dini Persoalan Tanah di Sumbawa Barat” yang dikemas dalam suasana santai yang membuat diskusinya mengalir.

Hanura

Kepala BPN KSB, Edi Budaya Lutfi, A.Ptnh., MM, mengatakan kegiatan tersebut sengaja dikemas dalam suasana santai sambil ngopi pagi untuk menghilangkan kesan bahwa membahas masalah tanah yang dianggap ribet itu berat dan membutuhkan energi banyak. Padahal penyelesaian masalah tanah ketika sudah paham alurnya maka semua urasan menjadi mudah.

Edi memberikan alasan mengangkat tema “Pencegahan Dini Persoalan Tanah di Sumbawa Barat” dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, di lapangan banyak ditemukan masalah kecil yang dibiarkan berlarut larut menjadi permasalahan besar sehingga penyelsaiannya pun menjadi lama. Ia berharap dengan kegiatan ini, pihaknya menginformasikan kepada masyarakat bahwa pentingnya pencegahan dini dalam permasalah tanah.

“Masalah tanah ini kian lama akan semakin berkembang. Kenapa begitu karena pertumbuhan penduduk di dunia terus meningkat tidak terkecuali di Sumbawa Barat, sedangkan luas tanah tidak meningkat sejengkalpun di muka bumi ini, sehingga potensi permasalahan tanah ini akan semakin kuat, salah satu contoh kelalaian yang kita remehkan, kita beli tanah tapi tanahnya belum kita balik nama, sampai bertahun-tahun. Ternyata pemilik tanah sebelumnya meninggal dan dia memiliki ahli waris yang banyak dan bertempat tinggal tidak di satu tempat, ada di luar daerah bahkan luar negeri,” ungkapnya.

Baca Juga  Pabrik Pengolahan Ikan Berskala Dunia Beroperasi di Teluk Santong

“Menurut aturan pertanahan, tanah tersebut akan bisa kita balik namanya kalau ada persetujuan semua ahli warisnya tanpa terkecuali dan ini menjadi masalah yang besar, karena dalam meminta persetujuan ahli waris akan berat mengingat mereka mengurus sesuatu yang tidak ada dampaknya secara langsung kepada mereka. Banyak lagi contoh kasus lainnya yang berasal dari kelalaian kita, semoga dengan diskusi nanti kita bisa mengantisipasi permasalahan tanah di Sumbawa Barat sedini mungkin,” sambung Edi.

Sementara Kasi Intel Kejaksaan Sumbawa Barat, M. Herris Priyadi SH mengapresiasi kegiatan yang digagas BPN KSB. Hal ini bentuk keterbukan BPN kepada masyarakat. Sebab diakui di lapangan banyak masyarakat yang perlu mendapat pemahaman terkait masalah tanah. Apalagi yang diundang adalah para wartawan yang memiliki kanal dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat terutama terkait masalah tanah.

Baca Juga  Update 12 April 2020: Tambah 4 Positif Covid di NTB, Menjadi 37 Orang

“Kami juga berharap kegiatan yang dilakukan BPN bisa diikuti oleh lembaga lain agar masyarakat kita lebih tercerahkan dalam urusan pelayanan public,” sarannya.

Di tempat yang sama Sekretaris BPKAD KSB, Ari Hadiarta juga mengapresiasi digelarnya kegiatan ini. “Baru kali ini pertanahan mau terbuka sekali dengan masyarakat, kalau pelayanan sudah terbuka maka masyarakat tidak akan canggung untuk datang ke BPN, karena memang di lapangan banyak masyarakat yang enggan datang langsung ke BPN. Saya berharap model pelayanan seperti ini harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Hendra Ardiansyah–wartawan Samawarea.com menyampaikan sebelumnya Kepala BPN KSB sangat tertutup. Tidak pernah wartawan yang hendak melakukan konfirmasi terkait informasi soal pertanahan diterima oleh Kepala BPN sebelumnya. Wartawan selalu diarahkan ke kepala bidang. Padahal wartawan membutuhkan narasumber yang bisa langsung memberikan kebijakan dalam suatu masalah.

“Kepala BPN sekarang sangat berbeda, kita datang selalu disambut ramah, bahkan menginisiasi kegiatan diskusi khusus membedah permasalahan tanah di lapangan. Benar-benar terbuka dan low profil,” pujinya. (HEN/SR)

Dikes PTSJR Nasdem Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *