Pemanfaatan Buah Mangga Menjadi Produk Bernilai Jual di Desa Senawang

oleh

Oleh: Ihlasul Amal, Demitrio Alristo Sale, An Nisa Fujianti, Widia Agus Sunarti, dan Rifka Rosiana

Desa Senawang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Orong Telu Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Desa ini memiliki banyak pontesi alam yang dapat dimanfaatkan sebagai produk olahan pangan. Pangan merupakan kebutuhan hakiki bagi manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Kebutuhan pangan yang perlu dipenuhi tidak hanya untuk memuaskan nafsu tapi juga memberikan gizi yang baik bagi tubuh.

Selain tiu, bahan pangan yang dikonsumsi juga harus aman agar tidak memberikan efek negative setelah dikonsumsi. Produk olahan pangan yang berpotensi untuk dimanfaatkan di desa Senawang ini salah satunya yaitu buah mangga. Buah mangga ini sangat banyak ditemukan di Desa Senawang yang masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh warga setempat. Selain itu buah mangga juga mengandung banyak nutrisi dan manfaat untuk Kesehatan. Produk olahan mangga dapat dijadikan beberapa produk, salah satunya adalah dodol mangga.

Mangga adalah buah tropis yang banyak tumbuh di berbagai negara dan menjadi sumber nutrisi yang baik untuk kita. Rasamya yang manis dan mengandung nutrisi yang tinggi membuat buah ini banyak di sukai oleh banyak orong. Kandungan nutrisi buah mangga menurut The United States Department of Agriculture, secangkir mangga potong atau sekitar 165 gram mengadung nutrisi sebagai berikut:

Baca Juga  Horeee...PT AMNT Bangun Smelter di Sumbawa

Kalori : 99 kal
Protein : 1gram
Karbohidarat : 24,7 gram
Lemak : 0,6 gram
Serat : 2,6 gram
Tembaga : 20% kebutuhan harian
Float : 7% kebutuhan harian
Vitamin C : 60 mg/setara 67% kebutuhan harian
Vitamin A : 10% untuk kebutuhan harian
Vitamin E : 9,7% kebutuhan harian
Vitamin B5 :6,5% kebutuhan harian
Mineral lainnya, Seperti potassium, liboflavin, mangan, tiamin, dan magnesium

Selain kandungan nutrisi buah mangga, ada juga manfaatnya untuk Kesehatan yang di lansir dari Healthline, berikut adalah manfaat buat mangga untuk Kesehatan, yaitu kaya akan antikosidan, meningkatkan imun, menjaga Kesehatan jantung, menjaga Kesehatan saluran cerna, dan mencegah penuaan dini pada mata.

Dodol merupakan salah satu produk olahan hasil pertanian yang termasuk ke dalam jenis makanan yang mempuyai sifat agak basah sehingga dapat langsung dimakan tanpa dibasahi terlebih dahulu (rehidrasi)dan cukup kering sehingga dapat stabil dalam penyimpanan.

Baca Juga  Puluhan Miliar Proyek Peningkatan Jalan Ditangguhkan, PUPR Sumbawa Temui P2JN

Dodol mangga merupakan makanan semibasah yang dibuat dari bubur mangga maupun ampas mangga melalui proses pembuatan jus atau sari mangga instan. Selain itu,dodol mangga memiliki tekstur yang sedikit kenyal sehingga makanan ini memang sangat sudah pas di lidah.

Berikut bahan-bahan yang diperlukan dalam pengolahan Dodol Mangga yaitu:
1 Kg daging buah Mangga
240 Ml air
200 gram gula pasir
40 gram gula merah
1,5 sendok kecil bubuk agar
Garam secukupnya

Adapun Langkah-langkah pembuatan Dodol Mangga yaitu:
Haluskan daging mangga yang telah dibersihkan lalu diblender dan dicampur air,namun jangan terlalu halus hasilnya. Tambahkan gula merah,air, gula pasir, bubuk dan juga agar-agar. Masak dengan api sedang, sambil terus diaduk hingga bahan-bahan tadi larut sampai kering, kemudian tuangkan ke dalam loyang yang telah dilapisi/dialasi plastik. Tunggulah hingga adonan dingin dan mengeras.  Jika sudah bisa dipotong dan dikemas dengan potongan plastik bersih. Dodol mangga asli enak khas Desa Senawang siap dikemas dan disajikan. (*)

Bappenda Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *