Permudah Masyarakat Mengurus Adminduk, Dinas Dukcapil KSB Luncurkan “Lala Loka”

oleh

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DUKCAPIL KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (14 November 2022)–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sumbawa Barat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan meluncurkan program Layanan Langsung Les Lo Akte di Lokasi (layanan langsung keluar akte di lokasi) atau disingkat “Lala Loka”.

Hanura

Program ini merupakan inovasi dinas tersebut yang diterapkan di setiap desa secara bergiliran dan terjadwal. Saat ini “Lala Loka” hadir di Desa Lampok, Kecamatan Brang Ene.

Pantauan media ini di lokasi, terlihat masyarakat antusias datang mengurus dokumen berupa Akte Kelahiran anaknya maupun Akte Kematian keluarganya. Mereka menyambut positif adanya pelayanan tersebut.

Salewang, salah satu warga yang datang mengurus akte kelahiran cucunya mengaku bersyukur ada program yang langsung ke masyarakat. Mereka tidak harus mengeluarkan biaya, tenaga dan waktu untuk menempuh perjalanan jauh hanya untuk mengurus dokumen kependudukan seperti akte kelahiran. Sebab pelayanan langsung berada di depan mata.

Baca Juga  Sumbawa Segera Miliki Pusat Arsip Benda Cagar Budaya Naskah Kuno dan Rumah Budaya 

“Ternyata pelayanannya mudah, tidak ribet dan cepat, saya kira kalau mengurus hal seperti ini kita menunggu berhari-hari. Jadi ini sangat membantu kami yang berprofesi sebagai petani yang setiap hari harus ke sawah sehingga kita anggap berat. Alhamdulillah pemerintah semakin mendekatkan pelayanan,” ucapnya.

Kepala Desa Lampok, Abdul Latif menyatakan sangat mendukung program “Lala Loka” ini, Pelayanan tersebut sangat pas dengan warganya yang mayoritas petani. Karena setiap hari harus mengurus sawahnya sehingga sangat sulit untuk mengatur waktu dalam mengurus Adminduknya. Dengan pendekatan layanan kepada masyarakat, warga tidak perlu meluangkan waktu yang banyak.

“Wajar warga kami sangat antusias untuk mengurus Adminduknya, kami berharap program seperti ini bisa terus diterapkan untuk masyarakat agar masyarakat lebih mudah menerima layanan dari pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga  Lantik Lima Pejabat Tinggi, Sekda NTB Tekankan Perang Melawan Covid-19

Di tempat yang sama, Sekretaris Disducapil KSB, Leny Tauvany MM yang turun langsung melayani masyarakat mengatakan, program “Lala Loka” ini diterapkan kepada semua desa secara bergiliran dan terprogram. Dalam memberikan pelayanan, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah desa agar masyarakat lebih tertib administrasi.

“Kenapa program Lala Loka ini kami terapkan karena banyak factor masyarakat belum mengurus Adminduknya. Salah satunya jarak yang jauh sehingga kami terus berupaya yang terbaik untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kami sangat berharap kepada semua pihak agar terus bekerja sama dalam melayani masyarakat,” pungkasnya. (HEN/SR)

Dikes PTSJR Nasdem Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *