Pilkada Sumbawa: Prof Ude dan Doktor Abi Mang Masuk Radar Demokrat

oleh

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (6 November 2022)–Setelah Ir. Syafruddin Nur—Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, kini dua nama lagi yang masuk radar Partai Demokrat untuk diusung pada Pilkada Sumbawa 2024 mendatang.

Dua nama baru ini adalah Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar M.Pd yang masih menjabat Rektor Universitas Samawa (UNSA), dan Dr. Drs. Arachman Alamudy SH., M.Si—mantan pimpinan DPRD Sumbawa yang merupakan politisi senior Partai Golkar. Dua nama tersebut dianggap memiliki kans untuk dapat bersaing pada pesta demokrasi lima tahunan ini.

Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat NTB, Syamsul Fikri AR, S.Ag., M.Si yang dicegat samawarea.com usai menghadiri Wisuda UNSA, Minggu (6/11/22), membenarkan partainya membidik dua nama baru tersebut. Ia menilai figur Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar M.Pd sangat tepat, selain kapabel, intelektual juga memiliki basis massa karena kapasitasnya sebagai Rektor UNSA.

Selain itu Prof Ude—sapaan akrabnya, adalah Pengurus Forum Rektor Indonesia, dan Dewan Pertimbangan Asosiasi Penguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) pusat berada bersama KH Makruf Amin (Wakil Presiden RI) dan Prof Dr. Mahfud MD (Menkopolhukam).

Baca Juga  Wakapolda NTB: PMII Berikan Warna Baru Restorasi Ormas 

“Paling penting UNSA yang dipimpin beliau adalah kampus biru sesuai warna Partai Demokrat,” kata mantan Ketua DPC Demokrat Sumbawa yang kini diamanahi Membidangi Bappilu dan OKK Pulau Sumbawa di DPD Demokrat NTB.

Prof Ude—sapaan Rektor UNSA ini ungkapnya, siap dipasangkan dengan figur manapun. Mulai dari H. Asaat Abdullah ST (Nasdem), Abdul Rafiq SH (PDIP), Drs. Mochamad Ansori (Gerindra), Hj. Dewi Noviany M.Pd (PKS) dan figur muda lainnya.

Sedangkan Dr. Drs. Arachman Alamudy SH., M.Si, lanjut Wakil Ketua DPRD Sumbawa ini, adalah tokoh demokrasi. Figur yang biasa dipanggil Abi Mang ini bisa diterima oleh semua kalangan termasuk partai politik manapun. Dengan mengusung Abi Mang, secara tidak langsung Demokrat memiliki mitra koalisi yakni Partai Golkar.

Menurut Fikri, munculnya beberapa nama yang masuk radar Demokrat untuk Pilkada Sumbawa, sebagai upaya pihaknya untuk menjaring putra-putra terbaik Sumbawa. “Kita wacanakan dan gulirkan sedini mungkin. Kalau elektabilitasnya bagus menjadi acuan bagi partai kami untuk mengusungnya,” kata Fikri.

Baca Juga  Masyarakat Sumbawa Sambut Hangat Nobar Film G30S/PKI

Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar M.Pd yang ditemui terpisah menanggapinya dengan santai. “Saya sampaikan terima kasih, silakan saja, biarkan mengalir,” ucapnya.

Untuk maju pada Pilkada 2024 mendatang, ungkap Prof Ude, banyak yang harus dipertimbangkan. Namun semua akan dikembalikan kepada penilaian partai politik yang akan mengusung, maupun dukungan masyarakat.

“Saya ini bukan politisi, tapi akademisi yang tidak berafiliasi dengan partai manapun. Ketika Partai Demokrat menilai saya pantas, saya apresiasi. Biarkan mengalir karena waktunya masih panjang,” ujarnya.

Sementara Dr. Drs. Arachman Alamudy SH., M.Si mengaku belum memikirkan untuk maju pada Pilkada Sumbawa. Namun ia menyampaikan apresiasi kepada Partai Demokrat yang memasukkan namanya dalam daftar figur yang akan diusung. “Bukan Syamsul Fikri namanya kalau tidak bermanuver,” tandasnya sembari tertawa. (SR)

Bappenda Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *