Festival Samba XI di Plampang Ditutup, inilah Para Juara

oleh

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (25 September 2022)—Festival Samawa Malani Budaya (Samba) XI Tahun 2022, berakhir. Kegiatan yang digelar Sanggar Seni Batu Tongkok Kecamatan Plampang selama beberapa hari yang diawali acara Nimung Rame dan Pawai Budaya serta disaksikan sejumlah wisatawan asing dari 10 negara ini ditutup secara resmi oleh Camat Plampang. Penutupan ini ditandai dengan pencabutan Keris Samba dari tempat persemayamannya.

Dalam sambutannya, Camat Syaihuddin SP mengatakan Festival Samba merupakan ikhtiar bersama terutama pegiat Sanggar Seni Batu Tongkok yang selalu konsen dan komit dalam menggairahkan generasi muda yaitu para pelajar mulai dari tingkat SD hingga SMA, termasuk para seniman dan budayawan di Kecamatan Plampang.

“Atas dukungan moril dan meteril semua pihak, festival bertema “Bajatu Tananang” ini berlangsung sukses,” kata Camat Syaihuddin.

Menurutnya Festival Samba dilaksanakan untuk berkesenian daerah Samawa dan berbudaya serta mengasah daya cipta rasa dan karsah sekaligus menggiatkan sektor wisata daerah berbasis budaya. “Kita bisa saksikan dari awal pembukaan hingga malam penutupan, festival ini benar-benar menjadi milik masyarakat yang cinta kebudayaan kita Tau Samawa,” imbuhnya.

Baca Juga  Warga Sekongkang KSB Bantu Korban Banjir Karang Bage

Festival ini juga bagian dari kompetisi yang dapat memantik dampak positif masyarakat Sumbawa khususnya warga Plampang dalam rangka mendukung pembangunan daerah.

Sementara itu Ketua Dewan Juri, Sri Mulianti, S.Pd membacakan keputusan dewan juri terhadap hasil lomba yang digelar sebagai rangkaian Festival Samba XI.

Untuk Penyaji Terbaik Pawai Budaya tingkat SD/MI, juara pertama SDN Brang Kolong, kedua SDN 2 Plampang dan ketiga SDN 3 Plampang.

Pawai Budaya tingkat SMP/MTs diraih SMPN 2 Plampang, juara kedua SMPN 5 Plampang, dan juara ketiga SMPN 3 Plampang. Pawai Budaya tingkat Desa, juara pertama Desa Muer, Desa Sepayung dan Desa Sepakat meraih juara 2 dan 3.

Kemudian Tari Daerah tingkat SD/MI, juara pertama SDN 3 Plampang, juara II SDN 2 Plampang, juara III SDN 4 Plampang. Tari Daerah tingkat SMP/MTs, juara pertama SMPN 1 Plampang, juara II MTs Nurul Jannah Plampang, dan juara III SMPN 3 Plampang.

Baca Juga  Ponpes Nur Hamzanwadi Dibangun, Ketua DPRD: Lahirkan SDM yang Mantap Tauhidnya

Ngumang tingkat SD/MI, juara I SDN Selanteh, juara II SDN Teluk Santong, dan Juara III SDN 1 Plampang. Ngumang SMP/MTs juara I diraih SMPN 3 Plampang, juara II MTs Nurul Jannah Plampang, juara III MTs 4 Plampang.

Juara Batuter SD/MI juara I SDN 3 Plampang, juara II SDN 2 Plampang, dan juara III SDN 4 Plampang. Ngumang SMP/MTs, juara I SMPN 3 Plampang, juara II SMPN 1 Plampang, dan juara III MTs Nurul Jannah Plampang.

Juara Pagelaran Seni Tingkat SMA/MA/SMK dan Umum, juara pertama SMKN 1 Plampang, kedua SMAN 1 Plampang, dan ketiga SMAN 1 Plampang.

Untuk juara umum Festival Samba 2022 ini diraih SDN 3 Plampang (tingkat SD/MI), SMPN 3 Plampang (tingkat SMP/MTs) serta tingkat SMA/MA/SMK dan Umum diraih SMKN 1 Plampang. Sedangkan peserta penampilan terbaik diraih SDN Sinar Jaya dan SDN Buin Rare. (BUR/SR)

Bappenda Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *