Selama 10 Tahun, 100 juta Penduduk Tiongkok Keluar dari Garis Kemiskinan

oleh

MATARAM, samawarea.com (26 September 2022)–Tepat 1 Oktober 2022, Republik Rakyat Tiongkok berusia 73 tahun. Rakyat Tiongkok akan bersukacita menyambut Hari Ulang Tahunnya. Melihat kembali 73 tahun perjalanan RRT, Partai Komunis Tiongkok bersama dengan rakyat Tiongkok terus maju dan berjuang, sehingga Tiongkok dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat dan stabilitas sosial dalam jangka panjang.

Selain menjadi negara dengan ekonomi terbesar kedua, Tiongkok kini juga menjadi negara dengan output manufaktur terbesar dan nilai perdagangan terbesar di dunia.

“Selama 10 tahun terakhir di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, pembangunan ekonomi dan sosial Tiongkok berjalan pesat, taraf hidup masyarakat Tiongkok juga meningkat seara signifikan,” kata Zhu Xinglong, Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar saat jumpa pers dengan sejumlah media di NTB, Senin (26/9).

Baca Juga  Tentukan Sekda Sumbawa, Bupati Tegaskan Tidak Ada Istilah Rangking

Dijelaskannnya, di bidang ekonomi, dari tahun 2012 hingga 2021, PDB Tiongkok meningkat dari 53,9 Triliun yuan menjadi 114,4 triliun yuan. PDB per kapita meningkat dari 6.300 dolar AS, menjadi 12.500 dolar AS.

Di bidang pemberdayaan masyarakat, dalam 10 tahun terakhir, Tiongkok berhasil mengangkat hampir 100 juta penduduk dari garis kemiskinan. Kemiskinan ekstrem telah sepenuhnya dientaskan untuk pertama kalinya dalam sejarah Tiongkok. Tiongkok juga telah membangun sistem asuransi kesehatan dasar dan asuransi hari tua dasar dengan cangkupan lebih dari 1 milyar orang.

Di bidang infrastruktur dan teknologi, lanjutnya, selama satu dekade terakhir, panjangnya jalur kereta api cepat di Tiongkok meningkat dari 10.000 km menjadi lebih dari 40.000 km. Teknologi 5G, kendaraan energi baru, dan industry lainnya telah menduduki peringkat teratas. Selain itu, terobosan-terobosan juga tercapai dalam penerbangan luar angkasa berawak, eksplorasi mars dan sebagainya.

Baca Juga  Pemilik Lahan Minta Bangunan SAMSAT Sumbawa Dibongkar, Surahman: Batas Waktu 7 Hari !

“Masyarakat Tiongkok saat ini penuh semangat dan harapan. Kami sedang berjuang untuk mewujudkan tujuan pembangunan seratus tahun sejak berdirinya RRT, yaitu menjadikan Tiongkok sebagai negara sosialis modern secara komprehensif pada pertengahan abad ke-21,” pungkasnya. (SR)

Bappenda Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *