NTB Jadi Sister Province dengan Ningxia China

oleh

MATARAM, samawarea.com (26 September 2022)–Kerja sama antara Tiongkok dan Indonesia, khususnya dengan provinsi Bali, NTB dan NTT, yang menjadi wilayah kerja kantor Konsulat Jenderal RRT di Denpasarpada periode pasca-pandemi, terus dipromosikan. Bali, NTB dan NTT kaya akan sumber daya alam dan pariwisata, serta memiliki potensi pengembangan yang luar biasa. Perkembangan hubungan Tiongkok-Indonesia telah membawa peluang besar bagi kerjasama kedua negara di tingkat daerah.

“Sejak bertugas sebagai Konsul Jenderal RRT di Denpasar, saya secara aktif menjalin hubungan baik dengan teman-teman Bali, NTB dan NTT, dan berupaya untuk mempromosikan pertukaran dan kerja sama antara Tiongkok dan tiga provinsi tersebut di bidang pencegahan pandemi, pendidikan, sosial budaya, dan kemakmuran masyarakat. Tidak sia-sia upaya kami telah membuahkan hasil yang nyata,” tegas Zhu Xinglong, Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar saat jumpa pers via zoom meeting dengan sejumlah media di NTB, Senin (26/9).

Dikatakanya, Bali telah menjalin atau sedang merundingkan hubungan sister province dengan provinsi Hainan, Yunnan, Jiangxi China. NTB juga telah menjadi sister province dengan Ningxia China. Kedua belah pihak memiliki ruang yang besar untuk kerjasama yang saling menguntungkan di bidang pertanian, pariwisata, pendidikan dan pengentasan kemiskinan.

Baca Juga  Syamsul Fikri Gelar Reses, Warga Minta Bangun Mushollah dan Tembok Sekolah

“Saya senang juga melihat pemulihan stabil di berbagai industri dengan makin kondusifnya kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia. Patutlah kita manfaatkan mementum ini untuk menggenjot kerjasama yang lebih luas lagi. Konsulat Jenderal RRT di Denpasar bersedia untuk terus menjembatani persahabatan dan kolabarasi antara Bali, NTB, NTT dan Tiongkok, sehingga dapat memberikan lebih banyak keuntungan bagi masyarakat kedua negara kita,” pungkasnya. (SR)

Bappenda Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *