Usung Kader Sendiri di Pilkada Sumbawa, PAN Sumbawa Jajaki Koalisi

oleh -453 Dilihat
Achmad Fachry SH beserta istri

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (18 Agustus 2022)–Bukan hanya PDIP dan Gerindra yang sudah menetapkan figure yang diusung pada Pilada Sumbawa 2024, Partai Amanat Nasional (PAN) juga demikian. Pada Pilkada Sumbawa 2024 mendatang, partai matahari terbit itu, mengusung kadernya sendiri. Adalah Achmad Fachry SH, Ketua DPD PAN Kabupaten Sumbawa.

Mengusung kader sendiri merupakan hasil Rakerda dan Rakerwil PAN yang digelar beberapa waktu yang lalu. Dalam momen tersebut, semua DPD mengajukan nama yang diusulkan pada suksesi Pilgub maupun Pilkada Bupati dan Pilwakot. Hal ini diakui Fachry—sapaan Ketua DPD PAN Sumbawa yang dicegat samawarea.com usai mengikuti Upacara Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 di Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (17/8).

Menurut Fachry, mendukung kader sendiri pada Pilgub dan Pilkada menjadi prioritas. Seperti dirinya yang diamanahkan menjadi calon Bupati atau Wakil Bupati Sumbawa.

“PAN Sumbawa sudah menyiapkan saya untuk menjadi calon Bupati atau Wakil Bupati,” kata Fachry yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Sumbawa.

Mengenai posisinya apakah sebagai calon bupati atau wakil bupati, menurut Fachri, tergantung dari kompromi dengan partai yang akan berkoalisi. Koalisi partai bagi PAN dalam mengusung calon bersifat wajib. Sebab dengan jumlah kursi di DPRD, PAN Sumbawa belum memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon.

“Kami punya 4 kursi di DPRD, kami masih mencari minimal 5 kursi lagi untuk memenuhi syarat minimal mengusung pasangan calon. Satu-satunya jalan adalah berkoalisi,” tandasnya.

Baca Juga  Buka MXGP 2022 di Sumbawa, Menpora Amali Sampaikan Salam Hangat Presiden Joko Widodo 

Meski demikian, dengan mengantongi empat kursi menjadi modal bagi partainya untuk berbicara banyak pada kontestasi Pilkada Sumbawa. Tentang siapa figur nanti yang akan berpasangan dengannya, lanjut Fachry, masih dinamis dan sejauh ini belum ada pembicaraan serius dengan beberapa partai politik lain yang berpotensi untuk berkoalisi.

“Target kami adalah memenangkan Pilkada Sumbawa, minimal 5 kursi di DPRD, memegang jabatan unsur pimpinan, dan mengejar kemenangan 3 besar di Kabupaten Sumbawa,” cetusnya. (SR)

Bappenda Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.