Sedang Bertugas Atur Lalulintas, Anggota Patah Tulang Ditabrak Pelajar

oleh

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (6 Agustus 2022)—Seorang anggota Satlantas Polres Sumbawa Barat terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara Mataram, setelah mengalami patah tulang tangan kanan.

Kondisi yang dialami anggota ini akibat ditabrak sepeda motor yang dikendarai seorang pelajar berinisial FD (16) di Jalan Raya Taliwang tepatnya Simpang Bari, Kecamatan Taliwang Sumbawa Barat, Jumat (5/8). Saat kecelakaan, korban sedang melaksanakan tugas mengatur lalulintas.

Kasat Lantas Polres Sumbawa Barat, AKP Made Sugiarta SH, Sabtu (6/8) mengatakan kasus kecelakaan yang menimpa anggotanya sudah ditangani Unit Gakkum Satlantas. Sejumlah saksi dimintai keterangan. Selain itu melakukan olah TKP dan mengamankan barang bukti sepeda motor tanpa plat yang dikendarai pelajar tersebut.

Baca Juga  Dipicu Pembagian Jasa Parkir Pasar Seketeng, Koordinator dan Juru Parkir Ribut

Sementara Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Heru Muslimin, SIK,MIP mengingatkan para orang tua untuk tidak mengizinkan anak yang masih di bawah umur mengendarai sepeda motor untuk keperluan apapun. Sebab dapat membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain.

Menurut Heru kasus kecelakaan yang terjadi di Kecamatan Taliwang yang melibatkan anak di bawah umur bisa saja dikenakan beberapa pasal. Di antaranya pasal 281 karena mengendarai motor tanpa SIM dengan pidana penjara paling lama 4 bulan atau denda Rp 1 juta. “Belum lagi jika pengendara di bawah umur menyebabkan kecelakaan dan jatuh korban di pihak lain, pengendara anak-anak ini dapat dikenai beberapa pasal,” jelas Heru.

Misalnya, dalam pasal 310 ayat 1 sampai 4 yang mengatur denda dan kurungan apabila menyebabkan korban luka ringan, berat, sampai meninggal dunia. Denda mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 12 juta serta ancaman kurungan dari enam bulan sampai enam tahun tergantung pada penilaian hakim. (SR)

Bappenda Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *