Dorong Motivasi Siswa Belajar PAI, SMAN 1 Plampang Gelar Listerasi Alqur’an

oleh -278 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (27 Juli 2022)–Sebagai motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), SMA Negeri 1 Plampang menggelar kegiatan Literasi Alqur’an bagi siswanya. Kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap Hari Selasa, Rabu dan Kamis, sekitar pukul 07.00—07.15 Wita. Kegiatan yang berlangsung selama 15 menit wajib diikuti seluruh siswa.

Kepala SMA Negeri 1 Plampang, Saparuddin, S.Pd., M.Pd kepada Wartawan Samawarea.com Biro Sumbawa Timur, Selasa (26/7) bahwa Kegiatan Literasi Baca Al-Qur’an ini merupakan kegiatan rutin dan dipandu langsung oleh guru PAI untuk menambah motivasi siswa-siswi SMAN 1 Plampang terhadap kitab suci Alqur’an.

Karenanya Literasi Alquran diperlukan. Ketika seseorang tidak memiliki motivasi belajar, tidak akan mungkin ia mampu melakukan aktivitas belajar dengan baik. Permasalahan yang terjadi di lapangan adalah mayoritas siswa cenderung lebih mementingkan mata pelajaran umum daripada keagamaan.

“Kita ketahui Pendidikan Agama Islam sangat berperan dalam mewujudkan kepribadian peserta didik yang religius dengan karakter iman, ilmu, dan amal,” imbuhnya.

Menyikapi hal tersebut di SMAN 1 Plampang sebagai lembaga pendidikan formal berbasis umum ini bukan madrasah, menerapkan gerakan literasi Al-Qur’an bagi peserta didik yang mayoritas beragama Islam.

Dikatakan Saparuddin, kegiatan literasi ini berperan penting dalam berlangsungnya pembelajaran PAI, serta membawa dampak meningkatnya keterampilan meliputi kemampuan menghafal, membaca, menyimak, dan melafalkan ayat-ayat Alquran.

Ini juga untuk mencegah sifat negatif seperti siswa malas, pasif dan tidak memiliki motivasi belajar PAI karena kecanduan terhadap gadget sebagai media literasi dan belajar. “Selain itu, jumlah jam awal pembelajaran akademik hanya terpotong selama 15 menit untuk kegiatan literasi,” pungkasnya. (BUR/SR)

Bappenda Azzam
Baca Juga  IISBUD SAREA Kembali Lahirkan Sarjana Baru, 69 Wisudawan Diwisuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.