Sinergi UTS dan Bank BJB, Siap Dukung Pendidikan Indonesia Timur

oleh

SUMBAWA–Pendidikan memegang peranan yang penting dalam peradaban suatu bangsa. Pendidikan diharapkan bisa menjangkau manusia secara utuh, karena dianggap sebagai salah satu faktor terbesar dalam upaya membentuk dan mendukung terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas.

Pemerataan pendidikan sejalan dengan pemenuhan hak belajar bagi setiap orang juga telah lama kita dengar digaungkan oleh pemerintah. Berbagai program dan inovasi bidang pendidikan terus digalakkan sebagai wujud berjalannya fungsi pemerintah secara maksimal.

Hanura

Mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai amanah dari UUD 1945 tentulah menjadi tanggung jawab bersama selain pemerintah, masyarakat, dan tentunya penyelenggara pendidikan baik swasta maupun negeri. Biaya pendidikan yang mahal acap kali menjadi faktor utama tingginya angka putus sekolah atau tidak melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi.

Untuk itulah, berbagai jenis bantuan pendidikan salah satunya beasiswa menjadi solusi bagi mereka yang punya semangat belajar tinggi.

UTS sebagai salah satu perguruan tinggi juga sejauh ini telah aktif memberi peluang bagi generasi muda untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi. Sinergi dengan berbagai pihak terus dijalin demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas bagi anak negeri, termasuk kerja sama beasiswa pendidikan.

Jumat (4/2/2022) lalu UTS telah menerima kunjungan penting dari Tim Bank BJB, yang diterima langsung oleh Rektor UTS beserta jajarannya. Hadir dalam kesempatan tersebut Pimpinan Group CSR Bank BJB Saiful Rizal, dan Irwan Nurdin selaku staf CSR Bank BJB.

Baca Juga  Tetap Produktif di Tengah Pandemi, FEB UTS Pamerkan Hasil Riset dan Pengabdian Dosen

Kunjungan di Kampus Elang Muda ini bertujuan untuk memberikan beasiswa kepada 31 orang mahasiswa UTS yang berasal dari Provinsi Jawa Barat dan Banten. Sejak tahun 2015, Bank BJB sendiri telah banyak membantu ratusan mahasiswa asal Jabar-Banten untuk mengenyam pendidikan tingginya di UTS.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang terus terjaga antara kampus dan Bank BJB. Ia mengatakan bahwa beasiswa yang telah diberikan oleh Bank BJB ini memberi dampak yang signifikan bagi para mahasiswa penerimanya.

“UTS juga dikenal sebagai kampus mininya Indonesia, yang memberi akses belajar untuk seluruh anak dari Sabang sampai Merauke, termasuk didalamnya anak-anak kita dari Jabar juga Banten ada di sini. Kehadiran mereka tentu menjadi warna tersendiri bagi atmosfer belajar mahasiswa lainnya. Sinergi melalui program pemberian beasiswa ini tentu akan memacu mereka untuk belajar lebih giat dan tekun agar kelak dapat kembali ke daerah asalnya guna memberi kontribusi nyata. Kampus pun mengupayakan yang terbaik untuk mendukung mahasiswa menjadi versi terbaik mereka,” tutur Bang Irul, sapaan Rektor muda ini.

Baca Juga  75 Siswa SMP Duta Sekolah ke OSN Tingkat Kabupaten

Dalam diskusi antar kedua belah pihak, Pimpinan Group CSR Bank BJB, Saiful Rizal juga mengungkapkan harapannya, atas program pemberian beasiswa dengan UTS ini.

Ia berharap program tersebut mampu mendorong semangat belajar dan prestasi para mahasiswa, sehingga kelak mereka dapat kembali membangun daerahnya masing-masing. Sehingga kebermanfaatan program beasiswa Bank BJB dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Lebih jauh Rektor UTS juga menceritakan tentang Zaqi, salah satu alumni UTS penerima Beasiswa Bank BJB yang saat ini telah bekerja.

Zaqi kuliah di program studi Teknik Industri dan lulus pada tahun 2020. Ia berasal dari Depok-Jabar. Selepas kelulusan, Zaki bekerja di sebuah lembaga sosial dan kemanusiaan dan bertugas sebagai program implementator.

Lembaga tempat Ia bekerja memang terkenal dengan terobosan program sosial dan kemanusiaannya. Seperti saat Gunung Semeru meletus, lembaganya termasuk menjadi garda terdepan dalam memberikan bantuan. Dulu, Zaki menerima bantuan berupa beasiswa. Sekarang ia sudah mampu memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan. Dana yang berasal dari donatur melalui lembaganya dikelola seefektif, seefisien dan setransparan mungkin.

“Rasanya tagline Bank BJB yaitu “Tandamata untuk Negeri” terasa dampaknya hingga ke wilayah Timur negeri ini. Terima Kasih kepada Bank BJB semoga semakin maju dan sukses!” pungkas Rektor. (SR)

 

Dikes PTSJR Nasdem Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *