Sukses Kompetisi Robot, UTS Gelar Kompetisi Roket Air, ini Juaranya

oleh -123 views

SUMBAWA—Setelah Kompetisi Robotik, kini Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menggelar Kompetisi Roket Air tingkat SMA/SMK sederajat se-Kabupaten Sumbawa. Kegiatan pertama ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Fakultas Rekayasa Sistem (FRS) UTS, pada 18 Januari 2022 lalu.

Lomba Roket Air tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat, kreatifitas, dan inovasi pelajar terhadap pengembangan teknologi, salah satunya teknologi kedirgantaraan. Selain itu, untuk membantu siswa memahami prinsip aeronautics, yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang pengendalian udara, dengan menggunakan roket air sebagai media bantu pembelajaran.

Setidaknya siswa dapat belajar tentang inersia, gravitasi, resistensi udara, hukum newtont, kecepatan, hubungan antara kerja dan energi atau impuls dan momentum, gerak peluru, perhitungan gerak jatuh bebas dan lain-lain. Peserta lomba diperkenalkan dengan gaya dan hukum newton yang bekerja pada roket air serta komponen dan cara meluncurkannya.

Dengan lomba ini diharapkan siswa tertarik untuk mempelajari peroketan lebih dalam lagi serta berminat menjadi ilmuwan di bidang peroketan.

Mietra Anggara, ST., MT selaku Dekan FRS berharap, melalui kompetisi ini tidak hanya siswa yang mendapat manfaat, namun juga para mahasiswa penyelenggara mampu belajar.

“Kompetisi semacam ini akan terus FRS gaungkan, mengenalkan berbagai teknologi melalui perlombaan tentu akan memberi efek lebih positif bagi mereka. Belajar langsung, berkompetisi dengan media yang menyenangkan tentunya. Semoga semakin banyak anak-anak yang tertarik bergabung di Teknik Mesin UTS,” harapnya.

Baca Juga  Wapres JK Sebut PMI Dea Malela Bakal Jadi Pusat Peradaban Islam Dunia

Kompetisi yang terdiri dari 2 sesi, yakni pembuatan roket air dan peluncuran roket air ini diikuti oleh 12 Tim dari beberapa sekolah. Di antaranya SMAN 3 Sumbawa, SMKN 2 Sumbawa, SMAN 1 Utan, SMAN 1 Lape, dan SMKN 1 Alas.

Keluar sebagai Juara 1 adalah SMAN 3 Sumbawa (Tim B), Juara 2 SMKN 1 Alas (Tim 2) dan Juara 3 diraih SMAN 1 Utan (Tim A). Dengan penilaian meliputi desain, kerjasama dan presentasi, serta ketepatan target.

Rektor UTS, Chairul Hudaya, Ph.D memberikan selamat dan semangat kepada seluruh peserta yang berpatisipasi dalam lomba ini. Ia menyampaikan bahwa UTS senantiasa mendukung ide-ide kreatif yang datang dari para elang muda. Kompetisi-kompetisi semacam ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi siswa siswi untuk belajar langsung, dan berharap berlanjut di masa mendatang. (SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.