Cegah Lansia Bugis Medang Stroke, ini yang Dilakukan STIKES Griya Husada

oleh -45 Dilihat

SUMBAWA–Hipertensi merupakan masalah kesehatan masyarakat utama di seluruh dunia karena prevalensinya yang tinggi dengan penyakit pembuluh darah, kematian dini, stroke, penyakit ginjal dan kerusakan retina mata.

Ini adalah faktor risiko terpenting untuk penyakit pembuluh darah jantung yang membunuh sekitar 12 juta setiap tahun di seluruh dunia, lebih banyak daripada penyakit lainnya.

Desa Bugis Medang merupakan salah satu desa di Kabupaten Sumbawa. Desa ini, masih terdapat lansia yang mengalami hipertensi yang bisa beresiko terjadinya stroke.

Karena itu sebagai upaya untuk melakukan pencegahan stroke, STIKES Griya Husada melalui pengabdian masyarakat mengagendakan program penyuluhan dan pemeriksaan tekanan darah untuk mendeteksi dini masalah tekanan darah khususnya pada lansia. Kegiatan di Desa Bugis Medang ini berlangsung 29 Desember 2021 lalu. Kegiatan ini dihadiri masyarakat sasaran kegiatan.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh masyarakat setempat. Mereka sangat antusias menerima pelayanan kesehatan dimaksud. Harmili, S.Kep.,Ns, M.Kep. selaku Ketua Program Pengabdian Masyarakat 2021 STIKES Griya Husada Sumbawa, mengatakan, kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan tekanan darah ini juga melibatkan mahasiswa program studi Keperawatan. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat mencegah terjadinya stroke di Desa Bugis Medang. (SR)

seleksi Amman Mineral Amman Mineral Azzam
Baca Juga  RSUD Sumbawa Siapkan Tim Khusus Antisipasi Pasien Corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.