Kantongi Putusan PN, Kubu Rambo Minta DPRD Segera Proses PAW Hasanuddin

oleh -324 views

SUMBAWA—Putusan Majelis Hakim PN Sumbawa yang tidak dapat mengadili gugatan Hasanuddin SE Anggota DPRD Sumbawa, menjadi angin segar bagi kubu M Tayeb Rambo. Pasalnya, putusan itu menjadi salah satu alat bukti yang bisa memuluskan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Sumbawa dari Hasanuddin SE kepada M. Tayeb.

“Kami segera menghadap Ketua DPRD Sumbawa selaku eksekutor PAW pada Hari Kamis besok (6 Januari 2022) untuk menyampaikan putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Sumbawa,” kata Surahman MD, SH., MH didampingi rekannya, Suhartono SH dari SS & Partner, Rabu (5/1/2022).

Ia mengaku surat pemecatan terhadap Hasanuddin dari Partai Berkarya dan permohonan PAW, sudah disampaikan kepada Ketua DPRD Sumbawa sebelum adanya gugatan Hasanuddin ke PN Sumbawa. Namun DPRD tidak dapat memprosesnya karena terhalang dengan adanya gugatan hukum. Kini hambatan itu telah diatasi dengan adanya putusan PN Sumbawa dalam perkara nomor 54/pt.-parpol/2021/PN.Sbw.

Dengan adanya putusan PN Sumbawa ini juga, lanjut Surahman, sejak Hari Rabu, 5 Januari 2022, secara resmi Hasanuddin SE tidak lagi memiliki kewenangan baik sebagai anggota DPRD Sumbawa maupun sebagai anggota Partai Berkarya. “Jadi, tidak ada alasan lagi bagi DPRD Sumbawa untuk tidak memproses permohonan PAW Saudara Hasanuddin,” tandasnya.

Untuk diketahui, Majelis Hakim PN Sumbawa yang diketuai Dwiyantoro SH didampingi dua Hakim Anggota, Ricki Zulkarnaen SH MH dan Luki Eko Adrianto SH MH memutuskan perkara nomor 54/pt.-parpol/2021/PN.Sbw atas gugatan yang disampaikan Hasanuddin SE melalui Kuasa Hukumnya, Kusnaini SH.

Baca Juga  Digempur Toko Berjejaring, Komisi II Inisiasi Perda Lindungi UMKM

Dalam putusan yang dibacakan pada Hari Rabu (5/1/2022) itu, majelis hakim menerima eksepsi tergugat (M Tayeb Rambo), dan menyatakan Pengadilan negeri Sumbawa Besar tidak berwenang memeriksa dan mengadili perkara a quo. Selain itu majelis hakim menyatakan gugatan penggugat tidak dapat diterima, dan menghukum penggugat membayar biaya perkara sekitar Rp 665.000. (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.