Gelar Kompetisi Bisnis, UTS Gandeng BNI Sumbawa, inilah Juaranya

oleh -126 views

SUMBAWA—Menumbuhkan dan meningkatkan motivasi kewirausahaan dan praktiknya serta mempertajam soft skill generasai muda Indonesia di era industrialisasi dewasa ini dinilai sangat penting. Generasi muda memerlukan sentuhan untuk mengembangkan proses berfikir analitis, inovatif, kreatif, solutif, komunikatif, dan kolaboratif di bidang entrepreneurship.

Untuk menjawab tantangan ini, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) terus melakukan inovasi. Di penghujung tahun 2021, kampus di Kaki Bukit Olat Maras tersebut melaksanakan sebuah event yang bertajuk “Entrepreneur Day”. Event ini diinisiasi oleh UTS Launchpad (lembaga inkubator bisnis UTS) bekerjasama dengan Carrier Development Center (CDC) UTS, dan BNI 46 Cabang Sumbawa Besar sebagai sponsor tunggal.

Salah satu rangkaian dari “Entrepreneur Day” adalah Kompetisi Bisnis. Kompetisi ini adalah ajang wirausaha muda yang inovatif dan kreatif difokuskan pada mahasiswa di lingkungan UTS. Kompetisi ini dilaksanakan untuk mewujudkan ide-ide inovatif dan kreatif dalam bidang jasa, industri kreatif, kuliner (makanan dan minuman), teknologi, dan budidaya.

Kompetisi bisnis dilaksanakan dengan mekanisme pengajuan proposal rencana bisnis oleh kelompok mahasiswa yang dibagi dalam dua kategori. Yaitu Start Up Business dan Scale Up Business. Start Up Business adalah pelaku inovasi bisnis atau pengembangan bisnis yang baru masuk atau masih berada pada fase pengembangan ide usaha. Sementara, Scale Up Business adalah pelaku bisnis milenial yang mampu mendatangkan keuntungan (profitable) dan berkelanjutan (sustainable).

Baca Juga  Konjen Tiongkok Siap Promosikan Lombok Aman untuk Wisatawan

Dari puluhan proposal yang masuk, hanya meloloskan 11 tim finalis, terdiri dari 6 tim pada kategori Start Up Business dan 5 tim pada kategori Scale Up Business. Babak final pun berlangsung di Raberas Resto Sumbawa, 22 Desember 2021 kemarin.

Ketua Panitia, Rudi Masniadi, ME sekaligus Koordinator UTS Launchpad melaporkan bahwa event ini langkah awal UTS Launchpad dan CDC UTS dalam menumbuhkembangkan jiwa wirausaha mahasiswa UTS. Hal ini menjadi peluang besar bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu baru, memperluas jaringan, dan mendapatkan umpan balik tentang pengembangan ide wirausaha.

Sementara Pimpinan Cabang BNI 46 Sumbawa yang diwakili I Gede Arya Lesmana Surya (Pimpinan Bidang Pemasaran), sangat mengapresisasi dilaksanakannya kegiatan ini. Ia menegaskan bahwa BNI siap mendukung penuh tim mahasiswa yang memiliki ide bisnis baik start-up maupun scale-up untuk mendapatkan bantuan modal melalui skema-skema pembiayaan di BNI.

Rektor UTS, Chairul Hudaya, Ph.D menyampaikan terimakasih kepada BNI 46 Cabang Sumbawa Besar yang telah mendukung penuh acara ini. Ia juga menyampaikan event ini akan menjadi agenda tahunan UTS bahkan jika memungkinkan dilaksanakan setiap semester. Kegiatan mahasiswa berwirausaha ini pun akan menjadi salah satu bagian dari Program Kampus Merdeka.

Untuk diketahui, kegiatan sehari penuh ini sukses. Para finalis sangat antusisas dalam mempresentasikan rencana bisnisnya dan menerima masukan positif dari para dewan juri. Panel juri dalam final ini terdiri dari Khotibul Umam, M.Sc (Wakil Rektor III UTS), Fika Juliana, MM (owner Bengawan Tepi Sawah/BTS), dan I Made Dharmayasa (Costumer Relation Officer BNI 46 Cabang Sumbawa).

Baca Juga  Sentra Kekayaan Intelektual UTS Studi Banding ke Dirjen KI

Hasil kompetisi ini adalah Kategori Start Up Business juara I Sumbava.Co (Prodi Peternakan), Juara II Candy Jelly Milk Kuda Liar Sumbawa (Prodi Teknik Metalurgi), dan Juara III Olat Maras Delivery Order (Prodi Bisnis Digital). Kemudian Kategori Scale Up Business juara I Seblak Samota (Prodi Manajemen), juara II Warung Aci (Prodi Ilmu Komunikasi), dan Juara III Cattleya (Prodi Manajemen Inovasi). Dari 11 finalis, panitia juga memilih juara favorit yaitu Ganava (Prodi Teknik Metalurgi). (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.