Dikes Sumbawa Targetkan 15 Desember Capai Herd Immunity

oleh -58 views

samawarea.com (10 Desember 2021)

SUMBAWA—Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa menargetkan vaksinasi pada 15 Desember 2021 mendatang, mencapai 70 persen untuk vaksinasi pertama. Artinya, jika terealisasi sebelum deadline waktu 25 Desember, Sumbawa telah mencapai herd immunity. Hal ini diungkapkan Kadis Kesehatan Sumbawa, Junaedi A.Pt, M.Si di sela-sela kegiatan vaksinasi menyambut Hari Ibu ke-93 dan HUT DWP ke 22 di Kantor Bupati Sumbawa, Jumat (10/12).

Saat ini sebut Jun—sapaan mantan Sekdis PPKBP3A Sumbawa, masyarakat yang divaksin telah mencapai sekitar 66,22 %. Untuk mencapai target ini berbagai upaya maksimal dilakukan. Semua momen dimanfaatkan untuk mendorong masyarakat melakukan vaksinasi, seperti yang dilaksanakan pada HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Hari Ibu.

Pada momen tersebut, selain vaksinasi, Dikes juga melayani pemeriksaan kesehatan, dan sosialisasi tentang GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Jun mengaku optimis bisa mencapai vaksinasi 70%. Indikasinya adalah ketersediaan vaksin mencukupi, antusiasme masyarakat untuk divaksin sangat tinggi, serta intensifnya Satgas kecamatan bersama TNI, Polri dan pemerintah desa mengarahkan masyarakat untuk divaksin.

Kemudian, pelayanan vaksinasi tidak hanya dilaksanakan pada siang hari, namun juga malam hari. Di samping itu pelayanan vaksinasi dilakukan berbasis desa, sehingga semua masyarakat yang membutuhkan vaksin terakomodir dan terlayani.

Dari 24 kecamatan di wilayah Kabupaten Sumbawa ungkap Jun, ada dua kecamatan yang angka vaksinasinya terbilang rendah yaitu Badas dan Moyo Hilir. Selebihnya tingkat vaksinasi sudah berada di atas 50%.

Baca Juga  TNI Polri di Plampang Bergerak Bersama Cegah Corona di Pasar dan Sekolah

“Untuk Kecamatan Badas terutama di wilayah daratan mencapai 47,77%, sedangkan di kepulauan 23,26%. Sementara Moyo Hilir telah mencapai 49,78 persen. Untuk dua kecamatan ini terus digenjot, semua potensi dikerahkan dan semua pihak dilibatkan. Termasuk disupport oleh BIN Daerah,” pungkasnya. (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.