Industrialisasi Produk Perikanan, Diskan KSB kerjasama dengan UMKM

oleh -25 views
Kepala Bidang Pengelolaan Produk Sumber Daya Perikanan, Endang Yunari, S.Pi

samawarea.com (3 Desember 2021)

SUMBAWA BARAT–Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Sumbawa Barat mengidustrialisasikan produk perikanan. Bekerjasama dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Diskan akan mengelola dan menciptakan semua produk yang dihasilkan oleh nelayan untuk dipasarkan menjadi produk bernilai tambah.

“Kami sudah bekerjasama dengan UMKM untuk mengelola seluruh produk dari bahan dasar ikan dan rumput laut,” kata Kepala Dinas Perikanan melalui Kepala Bidang Pengelolaan Produk Sumber Daya Perikanan, Endang Yunari, S.Pi di ruang kerjanya, belum lama ini

Ia juga mengatakan, pada tahun 2021 ini, pihaknya menargetkan sebanyak-banyaknya produk perikanan yang dikelola oleh UMKM. Terlebih pemberdayaan ikan, rumput laut dan lainnya yang dihasilkan di laut KSB, baik yang konsumsi maupun non konsumsi.

“Saya nilai masih rendahnya produk olahan dari hasil perikanan kita saat ini, dikarenakan masih adanya kekurangan-kekurangan yang harus kita benahi seperti kemasan. Alat dan kemampuan juga masih kurang, sehingga kami akan membuat pelatihan dulu agar propesional dan kita akan upayakan memenuhi kekurangan pada sarana prasarananya. Yang jelas kami akan berupaya memenuhi setiap kekurangan produk, sehingga produk KSB bukan hanya dipasarkan di KSB tapi bisa bersaing di luar KSB,” bebernya.

Langkah ini sesuai dengan visi dan misi pimpinan daerah bahwa KSB dalam kemandirian pangan. Kedepannya, Dinas Perikanan akan fokus juga terhadap industriaslisasi rumput laut dan produk perikanan. Ia berharap, dengan industriaslisasi rumput laut dan produk-produk perikanan akan mampu mendongkrak perekonomian di KSB. (HEN/SR)

bankntb BPSK
Baca Juga  Diduga Buka Lowongan Kontroversial, Bank BTPN Sumbawa Dituding Diskriminasi

No More Posts Available.

No more pages to load.