Tiga Organisasi Guru Semarakkan HGN di Sumbawa

oleh -103 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26 November 2021)

Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021 pada Kamis, 25 November 2021 menjadi momentum bagi guru untuk dapat berkolaborasi dalam memajukan pendidikan. Ada yang beda dengan Peringatan Hari Guru Nasional kali ini di Kabupaten Sumbawa.

Untuk pertama kali peringatan Hari Guru Nasional diikuti oleh lebih dari satu organisasi profesi guru. Dalam upacara Hari Guru Nasional yang dipusatkan di Kantor Cabang Dinas Dikbud Sumbawa terlihat para peserta mengenakan seragam organisasi profesi masing-masing.

Perwakilan dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) tampak meramaikan semaraknya upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 yang mengusung tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.
Bertindak sebagai Pembina Upacara Zulkifli Kurniawan, S.T., M.T. Koordinator Pengawas Sekolah KCD Dikbud Sumbawa menyampaikan amanat pidato mas Menteri Nadiem Makariem.

“Bahwa pandemi ini tidak memadamkan semangat para guru, tapi justru menyalakan obor perubahan. Guru-guru se-Indonesia menginginkan perubahan, dan kami mendengar. Guru se-Indonesia menginginkan kesempatan yang adil untuk mencapai kesejahteraan yang manusiawi, Guru se-Indonesia menginginkan aset terhadap teknologi dan pelatihan yang relevan dan praktis. Guru se-Indonesia menginginkan kurikulum yang sederhana dan bisa mengakomodasi kemampuan dan bakat setiap murid yang berbeda-beda. Guru se-Indonesia menginginkan pemimpin-pemimpin sekolah mereka untuk berpihak kepada murid, bukan pada birokrasi. Guru se-Indonesia ingin kemerdekaan untuk berinovasi tanpa dijajah oleh keseragaman”.

Baca Juga  Presiden Ingatkan Penanganan Pandemi Jelang Libur Lebaran

Plh. Ketua Daerah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Sumbawa Bambang Wahyudi, S.Pd mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Dikbud Provinsi NTB melalui Cabang Dinas Dikbud Sumbawa. Kegiatan peringatan Hari Guru Nasional kali ini lebih berwarna, Hari Guru Nasional hendaklah menjadi momentum kebersamaan bagi semua guru yang bernaung dalam berbagai organisasi profesi.

Menurut Bambang memajukan Pendidikan tidak bisa dilakukan oleh satu atau dua pihak saja, namun perlu kerja bersama.

“Apa yang disampaikan dalam amanat upacara dari menteri pendidikan, ternyata banyak persoalan yang dihadapi oleh guru dan ini harus dijawab dan diselesaikan. Ikatan Guru Indonesia siap berkolaborasi dengan organisasi profesi lainnya dalam upaya peningkatan kapasitas dan profesionalitas guru” ujarnya.

Ditemui terpisah Kepala Cabang Dinas Dikbud Sumbawa Nasrullah Darwis, S.Pd., M.Pd mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2021 untuk kawan kawan Guru Sumbawa dengan beragam latar organisasi profesi guru. “Dinas Dikbud NTB dan Cabang Dinas Dikbud Sumbawa berkomitmen merangkul semua organisasi profesi guru yang ada di NTB” ungkapnya.

Menurut Nas di NTB ini setidaknya ada tujuh organisasi profesi guru yakni PGRI, IGI, PGNWDI, PGNW, FSGI, PGMU, PERGUNU. “semua organisasi ini telah memberikan dedikasi nyata dalam meningkatkan kompetensi bahkan harkat dan martabat guru, untuk itu kami sangat berterima kasih” ungkap Nas

“Momentum peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 adalah ajang untuk merawat kebersamaan dalam bingkai keberagaman. Apapun profesi bapak ibu Guru, kontribusi nyata dalam meretas problem Pendidikan itu yang utama.” harap Nas. (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.