Bupati: Satukan Semangat dan Bergerak Serentak Wujudkan Merdeka Belajar

oleh -127 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (25 November 2021)

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-76 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021 di Lapangan Taman Sangaria Kecamatan Utan, Kamis (25/11)

Upacara yang berlangsung khidmat ini juga diikuti Pimpinan dan Anggota DPRD, Anggota Forkopimda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, dan Ketua PGRI Sumbawa beserta seluruh pengurusnya.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa selama hampir dua tahun terakhir, guru terus berjuang memberikan pendidikan di tengah semua tantangan pandemi.

“Guru-guru ditantang untuk memanfaatkan teknologi membuat pembelajaran daring harus menarik bagi semua murid. Sementara di daerah yang sulit akses internet, banyak guru yang menantang risiko dengan mengajar dari rumah ke rumah,” ujarnya.

Baca Juga  Sambut Lahirnya Desa Pamunga, Masyarakat Tiga Dusun Siapkan Kantor Desa

Dengan hal ini, Kemendikbudristek berupaya membantu dan mendukung para pendidik dan tenaga kependidikan dengan menghadirkan beragam paket kebijakan.

“Kami melaksanakan relaksasi dana BOS, memberikan Bantuan Subsidi Upah untuk pendidik dan tenaga kependidik non PNS, memberikan opsi bagi guru untuk menerapkan kurikulum darurat. Kemudian, kami juga membagikan modul pembelajaran di masa khusus untuk membantu pembelajaran di daerah yang sulit akses internet serta membagikan dan mengembangkan platform Guru Belajar dan Berbagi,” jelasnya.

Selain itu, Kemendikbudristek juga berupaya meningkatkan kesejahteraan guru dengan menyelenggarakan seleksi guru ASN-PPPK dengan afirmasi bagi pelamar yang telah memiliki sertifikat pendidik, berusia lebih dari 35 tahun, penyandang disabilitas, berasal dari THK2 dan aktif mengajar selama paling tidak tiga tahun.

Baca Juga  Polres Sumbawa Ungkap 212 Kasus Kejahatan Sepanjang 2021

Peran guru ungkapnya, sangatlah besar dalam menyukseskan PTM terbatas yang saat ini telah dilaksanakan. Mendukung hal tersebut, Kemendikbudristek telah memprioritaskan vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Karenanya, diharapkan para guru dapat mendukung upaya percepatan vaksinasi ini.

Di akhir sambutannya, Mendikbudristek menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi para guru dalam menididik anak-anak Indonesia menjadi generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter.

“Kami terus berupaya mendengarkan masukan dari Ibu dan Bapak serta memprioritaskan peningkatan kesejahteraan dan kualitas guru demi kemajuan Indonesia di masa mendatang. Karena itu, pada Hari Guru Sedunia ini, mari kita semua menyatukan semangat dan bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar,” ajaknya. (SR)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *