Bertajuk “Branding Sekolah Pentingkah?” Humas UTS Goes to School Hadirkan 24 Sekolah

oleh -76 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (20 November 2021)

Citra yang dihadirkan oleh sebuah institusi maupun personal hari ini menjadi sesuatu yang penting. Mengingat bagaimana cepatnya laju teknologi, memaksa untuk terus berupaya mempertahankan eksistensi. Tak terkecuali berlaku juga untuk sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta. Tak ketinggalan, bahwa salah satu solusi bertahan di era digital ini adalah kolaborasi.

UTS sebagai kampus teknologi sejauh ini telah menjalankan berbagai kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk sekolah-sekolah di lingkup Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Kolaborasi tersebut tertuang dalam perjanjian kerjasama (MoU) meliputi Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang pengaplikasiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekolah sebagai mitra.

Merespon kerjasama yang telah dilaksanakan oleh SMA/SMK sederajat dengan UTS, Kamis (18/11/2021) Humas dan Protokoler UTS telah melaksanakan kegiatan sharing knowledge tentang dunia kehumasan yaitu Humas UTS Goes to School. Kegiatan bertajuk ‘Branding Sekolah Pentingkah?” digelar di Ruang Meeting Sumbawa Grand Hotelyang diikuti perwakilan pranata humas sekolah dari 24 sekolah yang telah menjadi mitra UTS. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman tentang bagaimana memaksimalkan fungsi humas untuk menyukseskan branding sekolah yang ingin dicapai kedepannya oleh sekolah masing-masing.

Baca Juga  Mimpi Dapat Ikan Besar, Ternyata Warga Lunyuk ini Dapat Mobil dari BRI

Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, Nasrullah Darwis, M.Pd saat membuka kegiatan ini memberikan apresiasi kepada Humas UTS selaku penyelenggara. Sebab menurutnya, bahasan tentang branding yang diangkat adalah topik penting, tidak hanya bagi sekolah bahkan institusi lain pun membutuhkannya.

Ia mendukung langkah diskusi dan duduk bersama dengan sekolah-sekolah ini, karena pasti akan memberi dampak positif, termasuk di dalamnya bagi citra sekolah mendatang jika pengetahuan branding ini diimplementasikan.

“Salut kepada UTS, Rektor dan tentunya tim Humasnya. Saya berharap tidak hanya sekolah-sekolah yang sudah menjadi mitra UTS, tetapi sekolah lainnya juga, termasuk instansi-instansi lain, seperti kantor dapat diberi kesempatan mengikuti kegiatan positif semacam ini. UTS telah menunjukkan keseriusannya dalam upaya membangun pendidikan di Sumbawa, semoga akan banyak upaya dan ide lainnya yang dapat dikolaborasikan bersama. Kami tentu sangat mendukung,” tandasnya.

Rektor UTS, Chariul Hudaya, Ph.D menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah merespon dengan baik kegiatan ini. “Selalu saya sampaikan bahwa kerjasama yang telah kita tandatangani jauh-jauh hari tidak boleh menjadi dokumen tidur, bapak ibu pihak sekolah bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal. Kegiatan hari ini adalah bentuk nyata dari ucapan kami, bahwa UTS siap menjadi mitra sekolah untuk dapat tumbuh bersama-sama memberi manfaat satu sama lain,” pungkasnya.

Baca Juga  Lulus UN, Tapi Ikut Ujian Nasional Perbaikan

Mila Hidayatullah, A.Md., S.IP., M.M.Inov sebagai pemateri utama dalam kegiatan ini sekaligus Kepala Kantor Humas dan Protokoler UTS menyampaikan betapa pentingnya branding. Mila akrab Ia disapa menyebutkan bahwa Branding adalah salah satu hal mutlak yang harus dipahami dan dijalankan saat ini.

Tidak hanya oleh sekolah, tapi juga universitas, komunitas, instansi pemerintahan, swasta bahkan pribadi seseorang. Jika ingin bertahan, inovasi salah satu point yang setiap individu harus dilakukan. Dan branding adalah bagian dari upaya inovasi.

“Berinovasi atau mati, salah satu kalimat yang sering kita dengarkan. Kita tidak bisa lagi menganggap perubahan sebagai suatu hal yang masih jauh, kehidupan di era digital ini sangat dinamis. Jika kita tidak dapat menyesuaikan diri, menolak perubahan, maka tertinggal dan dilupakan adalah jawabannya,” cetusnya. (SR)

 

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *