Rasionalisasi Belanja Adalah Opsi Mengatasi Gaji PPPK dan CPNS  

oleh -50 views

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA  

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (17 November 2021)

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah mengakui terjadi penurunan beberapa komponen dana transfer. Penurunan ini sesuai informasi resmi dari Kementerian Keuangan. Adapun mengenai gaji CPNS dan PPPK, ungkap Bupati, berdasarkan penjelasan Kementerian Keuangan, telah diperhitungkan dalam alokasi dasar DAU tahun 2022 yang mengalami penurunan dibandingkan DAU awal tahun 2021.

Terkait opsi alternative mengatasi hal tersebut, yang paling memungkinkan adalah melalui rasionalisasi belanja-belanja selain belanja wajib dan mengikat dibandingkan opsi peningkatan pendapatan daerah. Hal ini disampaikan Bupati saat memberikan jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD pada Rapat Paripurna, Selasa (16/11).

Sementara adanya permintaan agar Pemda Sumbawa memperhatikan nasib GTT dan PTT, Bupati menyatakan telah dialokasikan anggaran insentif mulai Tahun 2022. Sebelumnya, sejumlah fraksi menolak untuk dilakukan rasionalisasi anggaran terhadap apa yang sudah diputuskan dalam KUA/PPAS. Dan meminta Pemda mencari alternative lain tanpa mengganggu apa yang sudah ditetapkan dalam Rancangan APBD-2022.

Sejumlah Fraksi DPRD Kabupaten Sumbawa menilai pemerintah tidak konsisten dengan membebankan gaji dan tunjangan CPNS dan PPPK formasi 2021 ke APBD Kabupaten Sumbawa. Hal itu menyebabkan berkurangnya fleksibilitas alokasi belanja daerah sedikitnya Rp 104,27 milyar, sehingga belanja-belanja prioritas, pokok-pokok pikiran DPRD dan belanja-belanja urusan SKPD, yang telah disepakati dalam KUA dan PPAS Tahun 2022 harus dirasionalisasi secara signifikan.

Baca Juga  Gubernur Ungkap Kisah Sang Raja Menghukum Mati Adik Kandungnya

Padahal, jauh sebelumnya pemerintah pusat menyatakan gaji dan tunjangan CPNS dan PPPK ditanggung APBN. Namun belakangan gaji dan tunjangan itu dibebankan kepada daerah agar diakomodir dalam APBD. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.