UTS English Competition, Rektor Chairul: Ajang untuk Membangun Relasi

oleh -217 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (29 Oktober 2021)

Sebanyak 213 perserta yang terdiri dari 112 orang tingkat SMP dan 101 orang tingkat SMA, mengikuti UTS English Competition yang digelar Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Rabu (27/10) lalu. Kegiatan bertema “Youth role on preserving language in the midst of pandemic (Peran Pemuda Dalam Melestarikan Bahasa di Tengah Pandemi) ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, M.Pd.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan bahwa belajar Bahasa Inggris menjadi sebuah kebutuhan di era globalisasi sekarang ini. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa pergaulan dan literasi internasional serta bahasa ilmu pengetahuan yang diterima oleh seluruh dunia. Untuk itu, Peran Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional sangat penting untuk berbagai sektor yang ada.

Wabup menyambut baik pelaksanaan kegiatan English Competition ini. Menurutnya, kegiatan ini sebagai pemacu semangat untuk terus menggiatkan tradisi membaca, mempelajari dan mendeskripsikan bahasa inggris di lingkungan sekolah. Wabup berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus rutin dilaksanakan dengan terus memperbaiki konsep dan juga kualitas pelaksanaannya.

Wabup juga sangat optimis apabila kegiatan lomba Bahasa Inggris ini terus dihidupkan dan dikembangkan, maka akan muncul generasi-generasi penerus yang unggul dan kompeten, baik dalam ilmu pengetahuan maupun karakter dan kepribadiannya. “Hal tersebut tentunya akan mendukung ikhtiar pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa dalam mewujudkan Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban,” pungkasnya.

Baca Juga  Masjid Jami’ Praya Segera Dibangun

Rector UTS, Chairul Hudaya, Ph.D dalam sambutannya, menyatakan, kompetisi ini tidak hanya mencari kemenangan namun yang lebih penting adalah membangun relasi. Ia mengapresiasi kegiatan yang digelar ini dan berharap terus diadakan secara berkala sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Sumbawa dan NTB pada umumnya.

Sementara Ketua Divisi Acara, Winda Meiriastuti menyebutkan ada beberapa katerogi perlombaan. Meliputi, lomba speech, Storytelling, influencer, essay, dan poetry. Untuk memberikan penilaian dilakukan oleh dewan juri berkompeten. Yaitu Wirentake S.Pd. M.Pd., Furqanul Hakim S.S, M.Pd., Dita Rezkia S.IP. M.Pd., Topan Rahmatul Iman S.Pd. .M.A., Yana Karisma S.Pd. M.A., Winda Meiriastuti, S.Pd., M.A., dan Pratiwi Sakti, S.S., M.Hum.

Lomba Essay dan Influencer diadakan dalam ruagan yang tertutup dengan penjurian yang sangat ketat. Dalam sesi lomba essay, satu per satu peserta dihadirkan untuk mempertanggungjawabkan essay yang mereka tulis. Seperti kesesuaian antara proses menjawab soal interview dan essay yang mereka tulis.

Aspek “sikap” yang meliputi “pertanyaan seputar bagaimana mereka melakukan proses penulisan essay dan pada batasan mana Pembina (dalam hal ini guru) membantu mereka untuk menulis essay”. Adapun aspek yang cukup jelas adalah aspek dalam kategori lomba puisi yakni, aspek struktur, aspek pelafalan, aspek intonasi dan nada, aspek rasa (sense), aspek bahasa tubuh.

Baca Juga  Tiga Gili Dibuka, Pelaku Pariwisata Gembira

Ketua Panitia, Yana Karisma mengatakan, ada empat keterampilan yang dibutuhkan untuk menguasai Bahasa Inggris. Adalah keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca.

Para pemenang dari berbagai kategori lomba;

Kategori Lomba: SPEECH COMPETITION
1.  Nabila Pandora Landriani (MAN 2 Mataram)
2.  Christine Jumercy Dao (SMA Negeri 2 Sumbawa Besar)
3.  Arsyadilla Sophia Fidduha (SMA IT Samawa Cendikia)

Kategori Lomba: ESSAY
1. Lintang Kasih Suraatmaja (SMA Plus Aisyah Samawa)
2. Putri Adelia Zafira (SMA 1 Sumbawa)
3. Tia Kusuma Wardani (SMA Plus Aisyah Samawa)

Kategori Lomba: POETRY
1. Linda Widhi Asih (SMPN 2 Labuhan Badas)
2. Julia Safira (SMPN 1 Sumbawa Besar)
3. Fidya Vicka Safitri (SMP Plus Aisyah Samawa)

Kategori Lomba: THE INFLUENCER
1. Nayla Nashirah Khumaini (SMA Negeri 1 Taliwang)
2. Baiq Niki Ayuningtyas (MAN 2 Mataram)
3. Ghina Salsabila (MAN 2 Kota Bima)

Kategori Lomba: STORY TELLING
1. Rado Dewana Putra (SMPN 1 Sumbawa Besar)
2. Ayreen Aufa Aurelia (SMPN 1 Sumbawa Besar)
3. Keko Satria Pratama (SMP IT Samawa Cendikia). (SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *