Sukseskan ANBK, SDN Jompong dan SMKN 1 Plampang Jalin Kerjasama

oleh -161 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (27 Oktober 2021)

Sedikitnya 18 pelajar kelas V SDN Jompong Kecamatan Plampang melaksanakan gladi untuk menyukseskan kegiatan Asessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Selasa (26/10). Dalam melaksanakan kegiatan ini SDN Jompong menjalin kerjasama dengan SMKN 1 Plampang. Dan pelaksanaannya dipusatkan di Lab Komputer/Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Plampang. Dalam Kegiatan tersebut, para pelajar didampingi operator sekolah, Sahidi, S.Kom dan Widya.

Kepala SDN Jompong, Jusman, S.Pd yang ditemui di SMKN 1 Plampang, menyebutkan, metode ANBK adalah hal baru yang diterapkan pada pelajar sekolah dasar.

Dalam hal itu, Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa telah mengirim data beberapa sekolah tempat mengikuti ANBK. Seperti SMAN 1 Plampang, SMPN 3 Plampang dan SMKN 1 Plampang. “Karena jaraknya dekat, kami memilih SMKN 1 Plampang ini. Makanya kami sepakati kerjasama dengan SMKN 1 Plampang,” kata Jusman.

Sementara Kepala SMKN 1 Plampang, Drs. H. Andy Fauzih, AR menyebutkan, setiap tahun ada kerjasama dengan beberapa SMP. Tahun ini, pihaknya menjalin kerjasama dengan SDN Jompong. Dijelaskannya, ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesment ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini nantinya dilaksanakan dalam tiga instrumen utama. Yaitu, assessmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar. (BUR/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Pelajar dan Guru di NTB Berpeluang Belajar di Australia

No More Posts Available.

No more pages to load.