Masuk Jajaran KADIN, Boris Tangani 13 Negara Kawasan Asia Timur dan Pasific

oleh -131 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (27 Oktober 2021)

Boris Syaifullah kini mendapat amanat baru. Ketua Umum Apnatel Jawa Barat ini masuk dalam jajaran teras Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia periode 2021–2026. CEO Borsya Cipta Communica (BCC) ini dipercaya menjabat Wakil Ketua Komite Tetap (Komtap) Koordinasi Asia Timur & Pacific Hubungan Luar Negeri KADIN Indonesia. Tentu jabatan yang disandang pengusaha asal Sumbawa yang mendunia ini sangat strategis.

Adapun negara yang terletak di Asia Timur mencakup, China, Mongolia, Korea Selatan, Korea Utara, Jepang, dan Taiwan. Sementara negara di wilayah Pasific adalah Australia, Palau Mikronesia, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Nauru, Kepulauan Marshall dan Vanuatu.

“Tiga dari 6 negara di kawasan Asia Timur, merupakan raksasa ekonomi Asia yaitu China, Jepang, Korea Selatan adalah juga negara dengan investasi besar di Indonesia,” kata Boris—sapaan pendiri SMK Borsya Telekomunikasi Sumbawa kepada samawarea.com, Rabu (27/10).

Korea Selatan misalnya, ungkap Boris, data Badan Kordinasi Penanaman Modal (BPKM) realisasi investasi mencapai US$ 900 juta atau sekitar Rp 13 triliun (kurs Rp 14.500) pada kuartal I-2021, sekaligus menempatkan negara ini di urutan ketiga terbesar.

China merupakan investor kedua terbesar setelah Singapura di Indonesia per semester I/2021. Jumlah realisasi investasi negara Tirai Bambu ini mencapai US$ 2,4 miliar dari US$2,2 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Sejauh ini China juga terlibat dalam kerjasama di beberapa proyek strategis nasional, mulai dari infrastuktur jalan, pelabuhan, transportasi hingga energy.

Baca Juga  Mulai Dibuka Hari Ini, Ratusan Konsumen Serbu Alfamart

Jepang yang sebelumnya berada di 5 besar negara investasi terbesar di Indonesia kini tergeser ke posisi ketujuh diganti Korea Selatan. Jepang dalam kurun waktu yang cukup lama, telah menjalin kerjasama dan investasi serta terlibat dalam banyak proyek nasional.

“KADIN Indonesia sebagai organisasi pengusaha sekaligus tulang punggung pemerintah sesuai dengan misinya “Menjadikan KADIN sebagai pilihan pertama dan utama dalam mewakili suara dan kepentingan dunia usaha beserta seluruh stakeholders-nya, berkaitan dengan pembuatan dan implementasi kebijakan ekonomi di seluruh Indonesia,” tandasnya. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.