Pemda Dompu Belajar Kelola DBHCHT di Kabupaten Sumbawa

oleh -24 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26 Oktober 2021)

Belakangan ini, Kabupaten Sumbawa terus mendapat kehormatan untuk menjadi tujuan studi beberapa daerah. Hari ini, 26 Oktober 2021, Pemerintah Kabupaten Sumbawa menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten Dompu.

Kedatangan rombongan yang dipimpin Kepala Diskoperindag Kabupaten Dompu, Dra. Hj Sri Suzana M.Si, untuk belajar tentang kebijakan DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau).

Plt. Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kabupaten Sumbawa, Ir. Iskandar. D, M.Ec. Dev saat menyambut rombongan tersebut menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Pemda Dompu menjadikan Kabupaten Sumbawa menjadi lokus sharing ini.

Kegiatan ini tentu memiliki makna yang sangat strategis bagi kedua daerah. Sebagai media berbagi, Pemerintah Kabupaten Sumbawa memaparkan implementasi kebijakan penggunaan DBHCHT. Mulai dari kerangka umum yaitu desain kebijakan DBHCHT, dilanjutkan dengan implementasinya.

Beberapa implementasi kebijakan DBHCHT di Kabupaten Sumbawa yaitu mengawal alokasi anggaran. Tim koordinasi DBHCHT menyampaikan kebijakan alokasi sementara kepada TAPD, melakukan rapat koordinasi dengan OPD yang menjadi calon pelaksana alokasi DBHCHT, dan  penyampaian pagu alokasi DBHCHT per OPD, serta penyesuaian alokasi sesuai dengan regulasi terbaru.

Selain itu mengawal penggunaan anggaran juga rencana alokasi OPD hingga ke dalam RKA-SKPD sampai pada pembahasan anggaran di DPRD. Setelah itu mengawal alokasi di DPA-SKPD serta melakukan monev penggunaan anggaran.

Kongkritnya, dari dana itu dilaksanakan beberapa program yaitu program peningkatan kualitas bahan baku berupa bantuan alat rajangan, sarana mobilitas, demfarm tembakau 5 Ha, dan pembangunan gudang tembakau. Selain itu dilaksanakan program sosialisasi ketentuan di Bidang Cukai serta program pembinaan lingkungan sosial melalui penguatan kelembagaan ekonomi petani tembakau melalui koperasi (integrasi kegiatan Dinas Pertanian dan Dinas Koperindag).

Baca Juga  “Bela Beli Kulon Progo” Bisa Diterapkan di NTB

Di akhir paparannya, Haji Ande—sapaan Plt Kadis Perindagkop yang juga Asisten II Setda Sumbawa ini, menyampaikan beberapa catatan pembelajaran. Yaitu komitmen pimpinan untuk taat terhadap regulasi alokasi DBHCHT, efektivitas Tim Koordinasi DBHCHT dalam mengawal alokasi anggaran, kinerja OPD pelaksana anggaran DBHCHT, sinergi dengan Kantor Bea Cukai Pratama dan dukungan kuat dari pelaku usaha dan masyarakat penerima manfaat DBHCHT. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.