Disambut Sholawat Alhabsy, Syamsul Fikri Siap Gelontorkan 450 Juta untuk Al-Mubarok 

oleh -173 views

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (24 Oktober 2021)

Kedatangan Syamsul Fikri AR, S.Ag., M.Si di Ponpes Al-Mubarok, Kelurahan Bugis, Selasa (19/10) malam, diiringi Sholawat Alhabsy yang dilantunkan sangat merdu oleh anak-anak setempat. Hal ini menandai antusiasme warga terhadap kehadiran Wakil Ketua DPRD Sumbawa dari Fraksi Demokrat tersebut dalam rangka melaksanakan Reses II Anggota DPRD di daerah pemilihan (Dapil) Sumbawa I meliputi Kecamatan Sumbawa, Moyo Hilir dan Moyo Utara.

Syamsul Fikri yang didampingi Muhammad Iqbal pengurus DPC Partai Demokrat Sumbawa, mengemukakan bahwa reses yang dilakukan ini untuk menjaring, menampung dan memperjuangkan aspirasi konstituen di daerah pemilihannya serta melaksanakan fungsi pengawasan.

Ini juga sebagai pertanggungjawabannya secara moral dan politis kepada kontituen sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan. “Sekarang saya mau mendengar apa aspirasi bapak dan ibu di Al Mubarok ini,” kata Fikri—sapaan akrab politisi Demokrat ini mengawali sapaannya.

Langsung saja pengasuh Ponpes Al-Mubarok, Kepala Diniyah, Kepala TK/PAUD, guru, Ketua RT, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat menyampaikan berbagai macam aspirasinya.

Seperti H. Badrussalam selaku Pengelola Yayasan Al Mubarok yang mengaku bahwa pihaknya mendapat tanah wakaf dari salah seorang warga. Tanah tersebut kemudian dibangun beberapa local sarana pendidikan yakni PAUD/TK, Diniyah, TPQ dan lainnya. Pembangunannya dilakukan secara bertahap sambil menunggu anggaran yang terkumpul.

Baca Juga  6 Murid SDIT Samawa Cendikia Jadi Finalis Olimpiade Sains

Aspirasi lainnya adalah adanya guru setempat yang ingin melanjutkan kuliah. Namun demikian salah satu pengelola TK mengakui bahwa Syamsul Fikri sudah berbuat meski dengan mengalokasikan dana aspirasinya untuk memberikan beasiswa kepada beberapa guru setempat untuk melanjutkan S1 dan S2.

“Biasanya janji dulu, setelah itu baru berbuat. Ini kita belum memberikan suara kepada Bapak Syamsul Fikri, tapi nikmat dan manfaatnya sudah kita rasakan. Beliau sudah berbuat sebelum berjanji,” kata Ustadz Midi.

Aspirasi lainnya yang disampaikan di antaranya pengadaan sound system, dan penutup saluran (got) di tengah pemukiman.

Terhadap aspirasi tersebut, Syamsul Fikri mengakui bahwa anggaran APBD 2022 sudah dibahas di awal 2021 lalu. Namun melalui aspirasinya pihaknya akan memberikan bantuan sebesar Rp 450 juta secara bertahap. Rinciannya, untuk penutup saluran di tengah pemukiman setempat, Fikri berjanji akan mengalokasikan dana pokirnya sebesar Rp 50—60 juta melalui APBD-P 2022.

Sedangkan kelanjutan pembangunan local di Al Mubarok Rp 200 juta pada Tahun 2023, dan Rp 200 juta untuk TK pada Tahun 2024. Sedangkan bantuan lainnya seperti sound system akan ditanganinya secara pribadi.

Fikri mengakui sudah banyak lembaga pendidikan yang dibantu. Selain Al Mubarok, Fikri mengaku mengalokasikan dana aspirasinya ke Ponpes Al Muhajirin Kelurahan Brang Bara. Selama menjadi anggota DPRD, Ia sudah mengalokasikan dana aspirasi di Ponpes tersebut sebesar Rp 1,5 miliar.

Baca Juga  PKS Tetap Rekomendasikan Andy Tirta di Pilkada Sumbawa

Bantuan untuk lembaga pendidikan ini dinilainya sangat penting. Sebab dari lembaga pendidikan akan melahirkan generasi bangsa yang berkualitas, tidak hanya cerdas secara intelektual tapi juga spiritual. “Percuma kita bangun gedung yang megah tapi tidak memperhatikan pembangunan sumberdaya manusianya. Karena majunya suatu daerah terletak pada sumberdaya manusianya,” pungkasnya. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.