Tiga Besar Hasil Pansel Pejabat Diumumkan, Sekda: Nomor Urut 1 Bukan Jaminan

oleh -780 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (20 Oktober 2021)

Tiga besar hasil akhir seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama telah diumumkan, Selasa (19/10) kemarin. Dari 42 pejabat yang ikut melamar, 21 di antaranya dinyatakan gugur, dan 21 lainnya lolos untuk ditentukan siapa yang akan dipilih Bupati Sumbawa untuk mengisi 7 jabatan yang lowong.

Tiga besar yang diumumkan ini berdasarkan nilai tertinggi sesuai nomor urut. Nilai ini merupakan akumulasi dari seleksi empat tahapan yang dilalui para pelamar lelang jabatan tersebut yakni administrasi, assessment, rekam jejak dan wawancara.

Untuk Kadis Koperasi UKM-P dan Perdagangan (1) Riki Trisnadi SE., M.Si (2) Dr. Dedy Heriwibowo, S.Si., M.Si dan (3) Khaeruddin SE., M.Si. Kadis Kesehatan, (1) Junaidi S.Si, Apt., M.Si (2) dr. Putu Purnama Suardjaya dan (3) dr. Nieta Ariyani. Kadis Pertanian (1) Ir. Ni. Wayan Rusmawati, M.Si (2) Ir. S. Darmasya dan (3) Syaihuddin SP. Kadisnakertrans (1) Dr. Budi Prasetiyo S.Sos., M.AP, (2) Abubakar S.Sos., M.Si dan (3) Nurhikmah S.Pt., M.AP. Kadis PUPR (1) Dian Sidharta ST., MM (2) Med Manjarungi ST., MT dan (3) Muttakin ST. Kepala Bapenda (1) Agus Mustamin S.Sos., M.Si (2) Usman SE., ME dan (3) Didi Hermansyah SE. Kepala Pelaksana BPBD (1) Muhammad Nur Hidayat ST, (2) Drs. Hasanuddin dan (3) Muttakin ST.

Baca Juga  20 PAC PDIP Ikut Mustami Dukung Saad

Berdasarkan nilai tertinggi itu, banyak berkesimpulan bahwa yang berada di nomor urut (1) itulah yang akan dilantik. Namun hal itu dibantah Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri MM yang juga Ketua Pansel.

Kepada samawarea.com di ruang kerjanya, Sekda yang akrab disapa Haji Bas, menegaskan bahwa nomor urut pertama atau nilai tertinggi bukan menjadi jaminan untuk menempati posisi yang dilamar. Sebab menjadi hak prerogative Bupati selaku PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) untuk memilih satu di antara tiga yang kemudian diusulkan ke Komisi ASN untuk mendapat persetujuan.

“Bisa saja bupati memilih nomor 2, nomor 3 atau nomor 1. Dari sisi aturan tidak ada yang dilanggar. Yang jelas yang kami sodorkan sesuai rangking adalah hasil dari penilaian tim Pansel bersama tim asesor melalui beberapa tahapan,” kata Haji Bas.

Ia tidak menampik banyaknya spekulasi yang muncul dengan pengumuman tiga besar tersebut. Namun yang jelas dalam menempatkan pejabat sudah sesuai kompetensi, karena penilaiannya menggunakan system merit.

“Dengan asas ini, menempatkan seseorang sesuai kompetensi tanpa melihat latar belakangnya dari sisi apapun. Ketika memenuhi syarat kompetensi dan lainnya, itulah yang mengisi jabatan yang dilamar,” pungkasnya. (SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.