Festival Qasidah Tingkat Provinsi di KSB Sangat Ramai

oleh -53 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (14/10/2021)

Festival Qasidah tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dihelat di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dari tanggal 13–15 Oktober 2021, memberi kesan istimewa bagi para pecinta seni qasidah di NTB.

Pasalnya, kegiatan yang menyedot perhatian khalayak ramai sejak pademi Covid-19 melanda, memang jarang diselenggarakan. Apalagi event kesenian qasidah digelar setingkat provinsi. Meski penerapan prokes menjadi suatu hal yang tidak bisa ditawar tawar lagi.

Selain itu, pelaksanaan Lomba Qasidah kali ini bukan hanya melombakan kategori bintang vokalis gambus dan bintang religi, melainkan ikut melombakan qasidah kolaborasi, yang menjadi salah satu kategori perdana yang diaktualisasikan pada festival kali ini.

Dalam rangkaian kegiatan pembukaan Festival Qasidah di Halaman Masjid Agung Darussalam KTC, Rabu (13/10) sore, tampak masing-masing delegasi begitu antusias mengikutinya.

“Alhamdulillah kita bisa mengawali kegiatan hari ini dengan pawai budaya. Dilanjutkan dengan pembukaan di arena kegiatan. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, dan semoga hingga kegiatan selesai tidak ada kendala,” ujar Ketua LASQI KSB, Hj Hanifah Musyafirin, S.Pt dalam laporannya.

Pelaksanaan festival kali ini, kata Hj Hanifah, dipersiapkan kurang lebih dua bulan. Dalam rentan waktu yang begitu singkat, LASQI KSB terus berkoordinasi dengan LASQI NTB, untuk memberikan yang terbaik pada peserta yang akan berkompetisi pada festival kali ini.

“Berbekal pengalaman pelaksanaan Festival Lasqi 2018, kami berusaha maksimal untuk suksesnya acara. Semuanya juga tidak terlepas dari bantuan para pihak, seperti dana hibah APBD KSB, support dari Pemrov NTB, Bank NTB, AMNT, dan lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga  Bupati Sebut Tim Relawan Medis Pembuka Kemenangan Husni-Mo

Hal senada juga diungkapkan Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H W Musyafirin, MM.. Bupati menekankan kepada para panitia, untuk melakukan persiapan secara maksimal.

“Hampir dua tahun kita vakum dan kali ini kita bisa laksanakan. Ini salah satu alasan event kali ini sangat ramai. Di tengah euforia pelaksanaan festival, saya juga meminta maaf kepada para rombongan jika selama 3 hari kedepan ada yang tidak nyaman dengan suasana KSB,” ucapnya, sembari mengatakan bahwa KSB akan mendapatkan Rekor MURI sebagai Kabupaten STBM pertama di Indonesia.

Sementara itu, Gubernur NTB yang diwakili Staf Ahli bidang Pemerintahan, H. Aziz, SH., MH mengatakan, bahwa Festival Qasidah merupakan forum seni yang bernafaskan Islam yang harus terus dilestarikan. “Makin kesini, perkembangan qasidah sangat baik. Hal ini menunjukkan banyak yang meminati seni qasidah ini. Karenanya, pemerintah sangat mengapresiasi, karena melalui forum ini terjaring bakat terbaik dan terjalin ukhuwah islamiah,” kata mantan Sekda KSB itu.

Ketua LASQI NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE, M.Sc mengatakan bahwa, festival qasidah tahun ini memberikan nuansa baru. Sebelumnya hanya qasidah klasik dan kini diaktualisasikan qasidah kolaborasi.

“Ada 10 kabupaten kota yang akan menampilkan kolaborasinya. Tuan rumah saja ada 2 grup. Semoga kegiatan ini terjalin silaturrahmi antara pekerja seni dan masyarakat pecinta budaya, dalam membangun NTB yang lebih gemilang,” tandas Hj. Niken. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.