Penyaluran Bantuan di Sumbawa Belum Klir, Mensos Naik Motor Jemput Langsung Penerima

oleh -869 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (14 Oktober 2021)

Menteri Sosial, Tri Rismaharini sedikit kecewa dengan realisasi bantuan yang disalurkan untuk fakir miskin dan yatim piatu di Kabupaten Sumbawa. Sebab masih banyak yang belum tersalurkan padahal anggaran dari pusat sudah dicairkan.

Mantan Walikota Surabaya tidak ingin mendengar adanya alasan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak bisa dijangkau karena berada di daerah terpencil. Atau ada alasan lain karena birokrasi kaku dan berbelit-belit.

Bahkan untuk membuktikan kesulitan itu, Mensos yang dikenal sangat tegas ini, langsung naik sepeda motor meninggalkan lokasi kegiatan di Batu Nisung, Dusun Pamulung, Desa Karang Dima, Kecamatan Badas, menuju lokasi penerima bantuan. Mensos melakukan hal itu untuk menjemput langsung anak yatim dimaksud yang berdasarkan data belum menerima bantuan.

Saat berdialog dengan petugas PKH, terungkap jika ibu dari anak tersebut menjadi TKW untuk mengais rezeki ke timur tengah. Sementara pendamping PKH terus berusaha agar dana tersebut cair dan diberikan kepada anaknya yang tinggal bersama neneknya.

Karena nama dan pemegang kartu tersebut ibu dari anak tersebut yang menjadi TKW, dananya tak bisa cair. Mendengar hal itu, Mensos sempat marah dan menyesalkan birokrasi yang mempersulit orang miskin.

“Saya datang ke sini rencananya hanya memberikan bantuan. Tapi saya lihat data ternyata penyalurannya masih belum klir kemudian saya berbalik karena ini menyangkut dengan fakir miskin dan orang terlantar saya konsetransi di situ,” kata Risma—sapaan Mensos.

Baca Juga  Tak Tercatat di DPT Tak Berhak Memilih, KTP Tak Berlaku

Ia mengakui bahwa persoalan mandegnya bantuan ke penerima, hampir terjadi di semua daerah, namun Sumbawa terbilang cukup besar. “Ini kita ngurusi orang yang diamanatkan Undang-Undang Dasar, ngurusi orang yang dititipkan Allah kepada kita, tolonglah. Kalau mempersulit mereka ini sama dengan kita mempersulit diri sendiri masuk syurga,” tegas Risma. (SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.