Kerahkan Tim Siaga Sampah, Ketua DPRD Apresiasi Kinerja Dinas Lingkungan Hidup

oleh -53 views

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (12 Oktober 2021)

Sampah yang menumpuk di sepanjang jalan Negara, menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Senin (11/10), Kadis LH, Ir. Syafruddin Nur memimpin langsung Tim Siaga Sampah melakukan penyisiran mulai dari Kecamatan Lopok hingga Tarano.

“Tim Siaga Sampah menemukan beberapa titik tumpukan sampah di sepanjang jalan negara seperti di wilayah Desa Brang Kolong dekat Grill Besi, di depannya banyak sampah dan diangkut menggunakan truk. Demikian pula di Desa Pemanto Kecamatan Empang, banyak sampah di pinggir jalan,” kata mantan Kadis Pangan Sumbawa ini.

Untuk mengatasi terulangnya pembuangan sampah di sepanjang jalan Negara, ungkapnya, pihaknya berkoordinasi dengan camat setempat agar melakukan pengelolaan sampah berbasis desa.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq yang dimintai tanggapannya mengapresiasi langkah Kadis LH. Namun ia menegaskan bahwa menjaga kebersihan sebagai upaya menyelamatkan lingkungan hidup yang ditimbulkan dari sampah yang dibuang sembarangan, bukan tugas pemerintah semata, melainkan semua pihak bertanggung jawab. Masyarakat harus berperan. Karena tanpa dukungan masyarakat sebagus apapun program pemerintah salah satu zero waste, tidak akan berjalan maksimal.

Keberadaan sampah yang dibuang sembarangan, tidak hanya menjadi sumber penyakit tapi juga sumber bencana. Selain itu pemandangan tak sedap dipandang mata. Karena itu untuk membersihkan sampah dimulai dari lingkungan terdekat. Masing masing desa menjadikan permasalahan sampah nomor satu.

Baca Juga  Parsindo NTB Bersama SukMa Siap Menangkan Pilkada Lotim

“Sebaik apapun pemerintah menfasilitasi kebutuhan masyarakat terkait pemeliharaan lingkungan yang bersih dan sehat, akan menjadi timpang manakala masyarakat belum menerapkan tindakan budaya bersih untuk diri sendiri dan keluarga serta lingkungan sekelilingnya,” tandas Rafiq, sapaan politisi PDI-P ini. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.