NTB akan Perbaiki Peringkat di STQ Nasional XXVI Maluku Utara

oleh -11 views

MATARAM, samawarea.com (10 Oktober 2021)

Pemusatan Latihan Kafilah NTB menyongsong digelarnya Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XXVI di Provinsi Maluku Utara dilaksanakan Minggu (10/10/2021) di Grand Legi Hotel, Mataram. Pemusatan latihan ini sendiri berakhir pada tanggal 13 Oktober 2021.

Asisten I Setdaprov NTB mewakili Sekretaris Daerah Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih, M.Si menyatakan, selama pemusatan latihan ini diharapkan kafilah-kafilah asal NTB untuk terus berlatih dengan disiplin agar para kafilah NTB bisa mengukir prestasi terbaiknya sehingga mengharumkan nama daerah di tingkat nasional.

“Kami yakin para kafilah bisa berjuang maksimal. Dengan demikian keinginan bersama untuk memperbaiki peringkat NTB yang pada STQ sebelumnya berada pada peringkat ke 9 bisa berada pada minimal pada posisi lima besar. Semua itu bisa terwujud, jika ikhtiar yang sungguh-sungguh dilakukan oleh para Kafilah dan disiplin berlatih,” kata Bunda Eva sapaan akrab Asisten I Setdaprov NTB ini.

Selain itu, Bunda Eva yang pernah sebagai Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB ini menekankan rutinitas Training Center (TC) ini perlu dilakukan sejatinya untuk mengevaluasi kembali teknik-teknik latihan menuju perbaikan atas kekurangan-kekurangan yang selama ini masih terasa. Karena diharapkan dengan waktu TC yang sangat terbatas ini bisa dimaksimalkan seefisien dan seefektif mungkin untuk meraih tujuan bersama menjadi lebih baik,” kata Asisten I yang juga pimpinan rombongan Kafilah NTB ini.

Baca Juga  Rehat Sejenak, Presiden Seruput Kopi Indonesia

Ia juga mengingatkan para Kafilah yang mana  pelaksanaan TC dan STQ Nasional di Maluku Utara yang berlangsung dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, utamanya penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan lainnya merupakan cara untuk mencegah penularan Covid-19.

“Disiplin Prokes ini baik saat TC terlebih  saat pelaksanaan STQ nanti semata-mata dilakukan untuk melindungi diri kita sendiri dan para Kafilah dari penularan Covid-19. Kita tentu tidak ingin salah satu diantara para Kafilah kita tidak bisa balik ke NTB karena terpapar Covid-19. Tapi kita tetap berharap dan berdoa agar hal-hal yang tidak diinginkan tak akan terjadi,” demikian mantan Asisten I Setda Lombok Barat ini.

Sebelumnya Ketua Panitia TC NTB STQ Nasional  ke  XXVI Maluku Utara,  H. Abdul Aziz Fahmii S.Ag melaporkan TC bagi Kafilah STQ Nasional ke XXVI asal NTB ini berlangsung dari tanggal 10 hingga 13 Oktober 2021 di Sahid Legi Hotel.  Sementara pelaksanaan STQ Nasional 2021 di Maluku Utara berlangsuung dari tanggal 14-24 Oktober 2021.

Abdul Azuz Fahmi yang juga Kabag Agama di Biro Kesra Setdaprov NTB ini juga menjelaskan, NTB mengikutsertakan 16 orang Kafilah terbaik I hasil STQ XXVI NTB di Mataram beberapa waktu lalu. Cabang STQ tersebut diantaranya Cabang Tilawatil Qur’an Golongan anak-anak dan dewasa, cabang Hifzil Qur’an Tilawah I Juz dan Tilawah, Golongan 5 Juz dan Tilawah, Golongan 10 Juz, 20 dan 30 Juz. Dan cabang lainnya yakni Tafsir Al-Qur’an Golongan Tafsir Bahasa Arab. Sementara itu pelatih Daerah sebanyak 7 orang.

Baca Juga  Berkat TP4D, Tidak Ada Pejabat KSB yang Masuk Penjara

Tujuan TC ini untuk mempersiapkan peserta asal NTB ke  STQ Nasional XXVI Maluku Utara dan memberikan pengetahuan dan pendalaman peserta terhadap ilmu di bidang Tilawah, Hifzil Qur’an dan Tafsir Bahasa Arab. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.