Silaturahim Alumni SMANDA dan Pimpinan DPRD, Dulang Dana Ratusan Juta

oleh -228 views

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (20 September 2021)

Silaturahim Ikatan Alumni SMA Negeri 2 Sumbawa Besar dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Sumbawa sekaligus launching Gerakan Bersama Ayo Bercita-cita, berlangsung, Senin (20/9).

Kegiatan yang dipandu MC menggunakan tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Jepang) ini, dihadiri langsung Ketua DPRD Sumbawa, A. Rafiq SH, Ketua IKA SMANDA, Adi Pranajaya, Anggota DPRD Achmad Fahri SH, Hamzah Abdullah, dan Edi Syahriansyah, Kepala KCD Dikbud Provinsi NTB Sumbawa, Kepala SMA 2 Sumbawa, Sahyuddin S.Pd., MA.Tesol, Ketua Komite, Zulkarnain ST MT, serta para alumni dan siswa.

Dalam laporannya, Kepsek Sahyuddin menyampaikan bahwa sekolahnya sudah melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kehadiran siswa ini dimanfaatkan untuk memberikan motivasi dari para tokoh yang hadir guna memberikan inspirasi.

“Jadi, silaturahim alumni dan pimpinan DPRD ini sebagai ikhtiar keluarga besar sekolah untuk mendapatkan inspirasi dari para tokoh yang hadir. Selain itu menjadi penyemangat untuk melakukan hal yang baik dan bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di daerah ini,” kata Deden, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu Deden menyampaikan bahwa saat ini sekolahnya tengah membangun masjid berlantai dua. Pembangunannya telah dimulai sejak 30 Agustus 2020 lalu dengan target 4 tahun. Progressnya sudah mulai membangun lantai dua dan diperkirakan bisa digunakan untuk ibadah April 2022 mendatang.

Sumber dana pembangunan selain dari internal dan para alumni, juga donatur eksternal termasuk para wakil rakyat di DPRD Sumbawa. “Alhamdulillaah, Pak Fachri anggota DPRD telah mengawali bantuannya sebesar 100 juta dari dana aspirasinya,” sebut Deden.

Sementara Ketua IKA SMANDA, Adi Pranajaya mengaku bangga dan menilai pertemuan silaturahim ini sangat istimewa. Karena dihadiri orang orang hebat yang penuh inspirasi. Kehebatan itu tidak dilihat dari banyaknya materi dan kedudukan yang tinggi, tapi mereka yang menyisihkan waktunya di tengah kesibukannya untuk hadir membicarakan kepentingan umat dan masyarakat banyak.

Baca Juga  Percepat Gedung Klas III RSUD, Tambah Tenaga dan Jam Kerja

“Tokoh tokoh yang hadir di sini adalah orang orang hebat, bukan hanya ditopang kecerdasan otak tapi memiliki karakter yang baik. Wajarlah mereka sukses saat ini,” ujar Adi sapaan Sutradara Nasional asal Sumbawa ini.

Terkait dengan pembangunan masjid di SMAN 2 Sumbawa, ungkap Adi, telah diikhtiarkan bersama mulai dari menggalang dana dari alumni, jajaran sekolah hingga donatur lainnya. Ia berharap tidak pernah lelah untuk beramal jariyah dengan cara menuntaskan masjid yang tidak hanya dimanfaatkan keluarga besar sekolah tapi juga masyarakat umum.

Mewakili donatur, Ahmad Fachri SH yang juga anggota DPRD Sumbawa, mengatakan hajat dari silaturahim ini adalah memperpanjang umur dan memudahkan rezeki. Buktinya dari pertemuan silaturahim ini, rezeki untuk pembangunan masjid mengalir.

“Insya Allah bukan hanya untuk masjid, namun juga untuk kegiatan lain dalam mendukung proses belajar siswa di sekolah ini akan kami support,” kata politisi PAN yang telah mengalokasikan dana aspirasinya sebesar Rp 100 juta bagi pembangunan masjid SMAN 2 Sumbawa Tahun 2021.

Kepada siswa, Fachri meminta agar tidak takut bercita cita melebihi mimpi. Untuk meraihnya adalah disiplin dan bersungguh-sungguh.

Di tempat yang sama, Edy Syahriansyah SE Anggota DPRD dari Fraksi PDIP mengatakan bahwa untuk menjadi orang sukses tidak sebatas pintar secara akademik. Sebab banyak yang pintar namun tidak bisa sukses karena kurangnya perhatian terhadap keadaan sekitarnya. Sebab ‘kutu buku’ cenderung feodalistik dan cuek atau abai terhadap sekelilingnya. Yang penting dalam mendukung kesuksesan adalah karakter atau watak. Dengan karakter yang kuat, maka kesuksesan berada dalam genggaman.

Mengenai dukungannya terhadap pembangunan masjid di sekolah itu–Rian sapaan akrab alumni SMAN 2 Sumbawa Angkatan 1988 ini siap mengalokasikan dana aspirasi Rp 102 juta.

Hal senada dikatakan Hamzah Abdullah Anggota DPRD sekaligus Ketua Komisi 3, apapun cita cita siswa asalkan memberikan pengabdian yang tulus kepada bangsa dan negara. Terkadang yang dicita citakan berbeda dari takdirnya.

Baca Juga  Resmi Buka ESyar KTI 2020, Gubernur Minta Ekosistem Syariah di NTB Harus Diasah

“Contoh saya sendiri, bercita cita menjadi guru, justru terjun ke politik menjadi anggota DPRD yang sama sekali tidak terbayangkan sedikitpun,” imbuhnya.

Terkait dengan konstribusinya di SMAN 2 Sumbawa, Hamzah yang juga alumni ini mengaku sudah diberikan sejak menjadi anggota DPRD periode pertama di antaranya pengadaan komputer dan rehab atap sekolah.

Untuk periode kedua ini, akan mengalokasikan dana aspirasi sebesar Rp. 150 juta tahun 2023 mendatang. “Kami lahir dan datang dari SMAN 2, sangat tidak elok jika tidak memberikan konstribusi bagi sekolah ini,” tandasnya.

Sebagai penutup, Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq SH, mengatakan, mewujudkan harapan untuk menuntaskan pembangunan masjid untuk umat dalam beribadah adalah niat dan tindakan yang luhur. Karenanya Ia bersama anggota DPRD lainnya berkomitmen untuk secepatnya menuntaskan pembangunan masjid tersebut.

“Untuk hal ini tidak bisa sendiri tapi bergotong royong. Ini sudah kita buktikan sat membangun masjid Jami di wilayah Alas. Dengan gotong royong setiap tahun kami membantu dana 1 miliar hasil kumpulan aspirasi dari anggota dewan di dapil tersebut,” katanya.

Untuk itu Ia meminta anggota DPRD yang hadir menambah alokasi aspirasinya untuk masjid SMAN 2. Rafiq ‘menodong’ Fachri dan Rian menggelontorkan aspirasi masing masing Rp 150 juta dan Hamzah Abdullah 200 juta. Sedangkan dirinya, akan menuntaskan sisanya. “Bukan dari anggaran 2023 tapi kita upayakan anggaran 2022. Nanti kita diskusikan,” jelasnya.

Di bagian lain, Rafiq yang juga Ketua DPC PDIP Sumbawa memberikan tips mencapai sukses bagi siswa yang hadir.  Kuncinya berbuat dengan tulus dan ikhlas membantu sesama, serta konsisten dengan apa yang dilakukan. Dengan ikhlas membantu sesama akan banyak yang mendoakan, karena tidak seorang pun mengetahui dari bibir siapa doa itu terkabul.

“Manusia merencanakan dengan cita-cita, Allah merencanakan dengan cinta. Siapa yang dicinta oleh Allah yaitu orang-orang yang tulus ikhlas membantu sesama,” pungkasnya. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.