RSUD Sumbawa Cairkan Jasa Pelayanan untuk Tenaga Medis

oleh -310 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (23 Juli 2021)

Tenaga kesehatan (nakes) dan pegawai di RSUD Sumbawa merasa lega. Pasalnya, dana jasa pelayanan (Jaspel) telah diterima, belum lama ini.

Sebelumnya para nakes mempersoalkan belum diterimanya jaspel. Bahkan masalah jaspel ini sempat dibawa ke DPRD Sumbawa sehingga digelar hearing.

Rupanya, pembayaran jasa pelayanan ini hanya persoalan waktu. Sebab RSUD Sumbawa masih menunggu pencairan anggaran dari pihak ketiga seperti BPJS dan Kementerian Kesehatan.

Ketika klaim kepada BPJS dan Kementerian Kesehatan cair, tanpa menunggu waktu lama, RSUD langsung membayarnya. Bukan hanya membayar jasa pelayanan, tapi juga hutang obat-obatan juga telah terbayar lunas.

“Syukur alhamdulillaah dengan adanya dana masuk, kita bisa membayar jasa pendingan, meliputi jasa umum, pelayanan BPJS, Bansos dan Jampersal. Kami juga sudah membayar semua kebutuhan rumah sakit,” kata Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri usai rapat di ruang Sekda Sumbawa, Jumat (23/7).

Dijelaskan dr. Dede, jasa pelayanan ini memang menjadi hak tenaga kesehatan. Hanya pembayarannya dipending tergantung kondisi RSUD Sumbawa.

RSUD Sumbawa harus juga memikirkan dan mendahulukan kepentingan masyarakat. Di antaranya ketersediaan obat-obatan dan peralatan medis secara memadai. Ketika jasa pelayanan yang didahulukan dengan mengabaikan kepentingan masyarakat, maka ini tidak pas.

“Jadi bukan tidak dibayar, jaspel tetap diberikan, hanya dipending. Ketika anggaran tersedia dan mampu mengatasi kepentingan pasien, maka jaspel juga diberikan. Intinya, RSUD tidak akan mengabaikan apa yang menjadi hak tenaga medis, tapi lebih utama lagi tidak mengabaikan apa yang menjadi kebutuhan dan kepentingan masyarakat selaku pasien,” pungkasnya. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Tahun 2019, RSUD Asy-Syifa Ditargetkan Terakreditasi Paripurna

No More Posts Available.

No more pages to load.