Lomba Cerdas Cermat Museum Digelar, 9 Sekolah Bersaing Merebut Juara

oleh -40 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (15/6/2021)

Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) tingkat Kabupaten Sumbawa kembali digelar, Selasa (15/6/2021). Pada tahun ini, sebanyak 9 sekolah tingkat SMP sederajat mengikuti lomba yang digelar sekali dalam setahun. Bertempat di Museum Daerah, lomba ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H. Sahril S.Pd., M.Pd.

Dalam sambutannya, Haji Sahril mengatakan, Lomba Cerdas Cermat Museum ini sebagai sarana untuk membudayakan dan mensosialisasikan tentang museum-museum budaya tidak hanya di Sumbawa dan NTB, tapi juga seluruh Indonesia.

Diakui Haji Sahril, lomba tersebut diikuti oleh peserta yang dibatasi, karena kondisi pandemic saat ini. Biasanya lomba ini digelar secara meriah dengan jumlah sekolah yang tidak dibatasi. Kendati demikian, tidak mengurangi makna dari lomba itu sendiri.

Kadis Dikbud Sumbawa, H. Sahril S.Pd., M.Pd saat membuka secara resmi LCCM tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2021

Untuk diketahui, secara berturut-turut Kabupaten Sumbawa berhasil meraih juara dan mewakili NTB di tingkat nasional. Hanya Tahun 2020 kemarin, trophy juara itu lepas. Karena itu ia meyakini trophy tersebut mampu direbut kembali.

Namun Ia berharap lomba ini tidak sekedar untuk meraih juara. Jauh lebih penting, para peserta memiliki memiliki wawasan dan referensi yang luas tentang museum budaya, sehingga mampu disosialisasikan kepada masyarakat umum lainnya. “Dengan kita menghargai museum budaya, akan mengangkat harkat dan martabat Tau dan Tana Samawa,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud Sumbawa, H. Hasanuddin S.Pd, melaporkan bahwa selama dua tahun terakhir Lomba Cerdas Cermat Museum mulai dari pelaksanaan tingkat kabupaten hingga pengiriman tim ke tingkat Pulau Sumbawa dan Provinsi, sudah ditangani langsung UPTD Museum Daerah Kabupaten Sumbawa melalui Dana Operasional Museum Nonfisik dari pemerintah pusat.

Baca Juga  Pengurusan Pasport Ketat, Pemohon Berkurang Drastis

Tujuan dari LCCM tingkat kabupaten ini ungkap pejabat yang akrab disapa Haji Ace ini, untuk memberikan peluang bagi anak didik belajar sejarah dan kebudayaan. Sebab dewasa ini sangat sedikit sekali pelajaran yang menyangkut sejarah dan kebudayaan sehingga dibutuhkan partisipasi siswa dan sekolah.

Selain itu untuk mencari sekolah-sekolah berkualitas yang akan mewakili Kabupaten Sumbawa di tingkat Pulau Sumbawa pada 3 Agustus 2021 di Museum Negeri NTB. Tentunya diharapkan Kabupaten Sumbawa bisa berprestasi seperti awal ketika lomba cerdas cermat museum ini diselenggarakan. Saat itu SMP Negeri 1 Sumbawa Besar selama 2—3 tahun secara berturut-turut mewakili Provinsi NTB ke tingkat nasional.

Untuk lomba kali ini lanjut Haji Ace, ada 10 sekolah yang diundang, tapi hanya satu sekolah yang tidak siap. Sekolah akan berlaga ini ada 9 yaitu SMP negeri 1 Sumbawa, SMP Negeri 2 Sumbawa, MTs Negeri 1 Sumbawa, SMP Diponegoro, SMP Negeri 1 Unter Iwes, SMP Negeri 1 Labuhan Badas, SMP Negeri 1 Moyo Utara, SMP Negeri 1 Moyo Hilir dan SMP Negeri 1 Moyo Hulu.

Untuk dewan juri, sebut Haji Ace, selain dirinya, juga ada dua orang lainnya, yaitu Mufti Jauhari Al Husni salah seorang budayawan, dan Abdul Muis salah satu pembuat soal. Dari lomba ini akan diambil dua regu untuk mewakili kabupaten ke tingkat Pulau Sumbawa. Dari Pulau Sumbawa nanti juga diambil dua regu untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi NTB.

Baca Juga  Klaim Lahan Sirkuit MotoGP, Kapolda Dorong Masyarakat Tempuh Jalur Hukum

Terkait materi lomba, Haji Ace menyebutkan seputar sejarah nasional dan dunia, serta kebudayaan pada umumnya dan museum-museum daerah. Khusus tingkat kabupaten, para peserta juga harus menguasai koleksi pameran di Museum Sumbawa. Sebab pada lomba ini akan diperlihatkan gambar untuk disebutkan nama dan fungsinya. “Jadi sebelum lomba, selama dua hari peserta keliling museum untuk mengenal koleksi museum dan fungsinya,” kata Haji Ace.

Ia berharap dari lomba ini, Kabupaten Sumbawa mampu mengulang sejarah, mewakili NTB ke tingkat nasional. Karena beberapa kali Sumbawa tembus nasional dan pernah meraih Juara Harapan Dua. (SR/**)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.