Kalah Tender, Massa PT HJB Hadang Karyawan dan Kendaraan PT STM

oleh -101 views

DOMPU, samawarea.com (13/6/2021)

Sejumlah karyawan dan kendaraan operasional PT. Sumbawa Timur Mining (STM)—perusahaan tambang yang beroperasi di Kabupaten Dompu, tak bisa melintasi Dusun Mamboa, Desa Hu’u, Kecamatan Hu’u, Dompu, Sabtu (12/6). Ini terjadi karena dihadang oleh masyarakat setempat yang dikoordinir M. Yusuf—pemilik PT HJB (Hu’u Jaya Bersama).

Penghadangan ini dilakukan karena tidak lolosnya PT HJB dalam proses tender penyiapan lahan cutting tri. Masyarakat menginginkan agar PT HJB selaku perusahaan local diloloskan dalam proses tender tersebut agar masyarakat Hu’u mendapatkan kemudahan akses menjadi tenaga kerja. Jika tidak diakomodir, maka penghadangan akan terus berlangsung.

Kapolres Dompu melalui Kasi Humas, IPDA Handik Wijaksono mengakui adanya aksi penghadangan tersebut. Kapolsek Hu’u bersama anggota telah turun ke lokasi penghadangan untuk menyampaikan beberapa hal.

Di antaranya agar saat penghadangan, massa tidak berbuat anarkis apalagi melukai karyawan PT. STM. Massa diminta tidak mengganggu dan merusak fasilitas umum yang bisa merugikan orang banyak.

Kemudian, tidak memaksakan kehendak yang dapat merugikan diri dan perusahaan itu sendiri, karena banyak juga masyarakat Kecamatan Hu’u yang bekerja di tambang dimaksud. Kapolsek juga meminta agar tidak ada gesekan dengan masyarakat lokal sehingga memunculkan masalah baru.

Menanggapi arahan Kapolsek, pemilik PT HJB, M Yusuf menegaskan tidak akan melakukan aksi anarkis yang bisa merugikan masyarakat dan tidak sampai melakukan tindakan kekerasan terhadap karyawan PT. STM.

Baca Juga  Jual Benih Jagung Bantuan Pemerintah, Dua Warga Penyaring di-OTT Polisi

Selain itu mereka tidak akan mengganggu pengguna jalan lain karena hanya menghadang karyawan dan kendaraan perusahaan tambang yang melintas di Desa Hu’u sampai tuntutannya dipenuhi. Yusuf juga menyatakan akan menghindari gesekan dengan masyarakat lokal.

Setelah menemui Yusuf Cs, Kapolsek langsung berkoordinasi dengan PT. STM yang diwakili Alamsyah. Kapolsek meminta PT. STM untuk bisa komunikasi yang baik dengan perusahaan lokal dan berlaku adil kepada semua perusahaan lokal di Kecamatan Hu’u agar tidak ada protes dan penghadangan. Tentunya sesuai prosedur dari pelaksanaan tender tersebut sehingga terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif di Kecamatan Hu’u.

Menjawab Kapolsek, perwakilan PT STM menyatakan siap melakukan meeting dengan Direktur PT. HJB dan apapun hasilnya akan dilaporkan kepada Kapolsek. Menindaklanjuti koordinasi ini, Kapolsek Hu’u memerintahkan Kanit IK AIPDA Adam dan Banit IK, Briptu Ilham Akbar menemui massa.

Mereka menghimbau agar permasalahan tersebut diselesaikan secara baik-baik dan tidak melakukan hal yang bisa menimbulkan kerawanan Kamtibmas di Desa Hu’u. Pihaknya juga meminta M Yusuf bersedia melakukan pertemuan dengan PT STM membahas masalah tuntutannya. Dan berharap apapun hasil pertemuannya, M Yusuf dapat menerima hasilnya dengan lapang dada dan tidak melakukan aksi yang sama. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.