Lama Difungsikan, SDN Lamusung Jadi Kandang Ternak

oleh -149 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (10/5/2021)

Meski sudah dibangun, namun Sekolah Dasar (SD) yang berada di Desa Lamusung, Kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) belum dioperasikan. Karena lama tak difungsikan membuat sekolah itu berubah menjadi kandang ternak.

Padahal untuk membangun sekolah ini membutuhkan perjuangan dan kerja keras. Kondisi sekolah itu diungkap Aheruddin Sidik SE,. ME, Anggota DPRD KSB Dapil II saat melakukan reses di Lamusung, belum lama ini.

Aher—sapaan politisi PKPI ini, mengakui kekecewaan masyarakat yang belum bisa menggunakan sekolah itu sejak dibangun beberapa tahun lalu. Padahal menurut Aher, perjuangan untuk menghadirkan bangunan sekolah di Desa Lamusung cukup menguras tenaga dan pikiran dengan proses pengawalan anggaran di DPRD yang cukup maksimal. Namun saat ini kondisinya memprihatinkan karena dihuni hewan ternak.

Keinginan masyarakat terhadap keberadaan sekolah di Lamusung, cukup tinggi. Karena selama ini mereka menyekolahkan anaknya di SDN 2 Air Suning yang jarak tempuhnya cukup jauh. Warga harus standby mengantar jemput anaknya terutama kelas 1 dan 2 yang belum bisa mandiri karna takut akan terjadi kecelakaan. Sementara masyarakat Lamusung berprofesi sebagai petani sehingga pekerjaan intinya terganggu.

“Atas kondisi itulah kami kawal anggaran pembangunan SD Lamusung sejak Tahun 2018 lalu dengan jumlah tiga ruangan. Saya juga mendorong program dan kegiatan yang lain untuk mendukung fasilitas sekolah dengan kegiatan pengurukan tanah di halaman sekolah, dan juga pagar keliling walaupun belum bisa tuntas dengan harapan sekolah tersebut bisa secepatnya dimanfaatkan,” tegasnya.

Baca Juga  Arah Demokrat Mulai Jelas, Disinyalir Ini Dia Orangnya !!

Pada Tahun 2020, pihaknya bersama Kadis Dikbud beserta staf dan Kades Lamusung, sempat turun lapangan. Dinas Dikbud menyampaikan bahwa SDN Lamusung akan dioperasikan pada Tahun 2021 sebelum tahun ajaran baru.

Namun melihat kondisi bangunan saat ini, Aher merasa pesimis bisa digunakan saat memasuki tahun ajaran baru. Sebab kelengkapan lainnya di sekolah tersebut belum terlihat. “Saya mendesak dinas terkait untuk melaksanakan komitmennya sebagai bagian dari merespon aspirasi masyarakat dengan cepat,” tukasnya.

Sementara Kepala Dikpora KSB, Drs Mukhlis yang dihubungi via telepon seluler, memastikan SDN di Lamusung sudah bisa beroperasi tepat di tahun ajaran baru 2021. Semua kelengkapan sekolah sudah disiapkan seperti muebleur dan Plt kepala sekolah, bersamaan dengan SMP di Senayan. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb