Ngaku Jadi Korban Kejahatan, Saat Ditolong Ternyata Komplotan Begal

oleh -354 views

LOMBOK BARAT, samawarea.com (4/5/2021)

Modus kejahatan kian beragam. Kali ini berpura-pura meminta pertolongan, komplotan begal ini berhasil melumpuhkan korban. Selain korban diikat, kendaraan dan handphonenya juga digasak para pelaku. Kasus ini terjadi 29 April 2021 lalu, namun para pelaku yang berjumlah 6 orang ini berhasil dibekuk Tim Puma Polres Lombok Barat, Selasa (4/5).

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK dalam keterangan persnya, menyebutkan kasus meresahkan ini terjadi di Jalan Raya Dusun Kondak, Desa Banyu Urip, Kecamatan Gerung, Lombok Barat. Dalam menjalankan aksinya, salah satu pelaku mencegat korban Fahrul (19) warga Kuripan Selatan di jalan dan mengaku sebagai sebagai korban kejahatan.

Pelaku ini meminta korban mengantarkannya pulang. Dengan ikhlas korban menolong dengan memenuhi permintaan tersebut. Di tengah jalan, ternyata korban sudah ditunggu oleh sejumlah pelaku lainnya yang menggunakan kendaraan roda empat.

Setelah menunggu di Tempat Kejadian Perkara (TKP), korban diikat termasuk oleh para pelaku salah satu pelaku yang pura-pura sebagai korban.

“Jadi kendaraan, handphone dan lain sebagainya semua diambil oleh pelaku, setelah dilakukan penyelidikan, kita menyimpulkan bahwa yang menjadi pelaku dari tindak pidana begal ini sebanyak 6 orang,” terangnya.

Setelah dilakukan penyelidikan, berhasil menangkap para pelaku termasuk di antaranya penadah hasil kejahatan komplotan ini. Adalah AN (35) selaku otak pelaku, MW (30), SL (36), MH (24), MK (45) dan SU (25) selaku penadah. Barang bukti yang berhasil diamankan yakni HP, sepeda motor dan mobil pick up yang digunakan menghadang korban.

Baca Juga  Sehari di Labu Kuris, Dua Motor Melayang

“Terhadap para pelaku ini sangkakan dengan pasal 365 ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) KUHP dengan ancaman hukuman yaitu 9 tahun penjara,” tegasnya.

Saat ini, terhadap para pelaku sedang dalam proses penyidikan di Polres Lombok Barat dan ditetapkan sebagai tersangka. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb