Tangkap Ikan Pakai Bom, Empat Nelayan Dibekuk Satpolair

oleh -215 views

DOMPU, samawarea.com (3/5/2021)

Empat nelayan asal Dompu dan Bima dibekuk petugas Satpolair Polres Dompu yang diback-up anggota Polsek Kilo di perairan Desa Kiwu Kecamatan Kilo, Dompu, Minggu (2/5) pagi pukul 08.30 Wita.

Dari penangkapan ini, diamankan sejumlah barang bukti di antaranya, 1 unit kapal, kompresor, selang 50 meter, 2 pasang sepatu katak, 3 pucuk panah ikan, 2 kacamata, 2 jaring ikan ukuran kecil, 2 senter, 1 alat pancing, 2 lampu kelap kelip kapal, dan 5 ekor ikan.

Kapolres Dompu melalui Kasi Humas, IPDA Handik Wijaksono dalam keterangan persnya menyebutkan bahwa aksi pengeboman ikan itu kerap terjadi di perairan Kiwu Kecamatan Kilo. Informasi ini diterima polisi pada Jumat (30/4) lalu. Selama beberapa hari anggota melakukan penyanggongan di pesisir Perairan Kiwu.

Tepat Minggu (2/5) pagi, terduga muncul dan melakukan aksi pengeboman di perairan tersebut sekitar 100 meter lebih dari bibir pantai. Namun anggota tidak bergerak melainkan menunggu terduga menyandar di pesisir pantai.

Saat merapat di pantai, tim yang dipimpin Kapolsek Kilo IPTU Yuliansyah menangkap terduga beserta barang bukti.

IPDA Handik mengatakan aksi illegal fishing di perairan Kiwu ini kerap terjadi dan sangat meresahkan. Karena aksi pengeboman ini memberi dampak negative tidak hanya bagi lingkungan perairan tapi dapat menghilangkan nyawa nelayan bersangkutan.

“Aksi pengeboman ini merusak keseimbangan ekosistem air, menjadikan ikan-ikan yang kecil mati sia-sia, hancurnya terumbu karang yang menjadi tempat tinggal dan sumber makanan ikan dan pencemaran air laut,” bebernya. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Gudang PT Indo Bambu Terbakar, Pekerja Kalang Kabut